8 Langkah Membuat Bayi Cepat Tidur Nyenyak

93

Selamat untuk Anda yang baru saja memiliki bayi. Memiliki bayi yang baru lahir merupakan kebahagiaan untuk pasangan. Selain merasakan kebahagiaan, Anda para orang tua baru tentu akan mulai mengalami beberapa pengalaman baru. Salah satunya adalah menjaga bayi saat malam hari.

Menurut KidsHealth, bayi yang baru lahir membutuhkan tidur sekitar 16 jam sehari. Mengurus bayi bagi ayah dan ibu baru adalah hal yang menyenangkan mulai dari menyusui, mengganti pakaian dan bermain dengan bayi Anda. Namun menjaga bayi saat malam hari memiliki tantangan tersendiri, karena bayi yang baru lahir biasanya akan sulit tidur, dimana mereka membutuhkan makan atau susu setiap 3-4 jam sekali. Terlebih untuk bayi yang prematur dimana mereka membutuhkan susu yang lebih banyak.

Hal ini tentu akan mengganggu tidur malam Anda, tapi jangan khawatir sebenarnya ada cara untuk membuat bayi kesayangan Anda bisa tidur nyenyak saat malam hari.

Yang Anda butuhkan:

  • Popok bersih
  • Boks bayi
  • Dot

 

Kemudian caranya adalah:

Langkah pertama: Redupkan lampu kamar sebagai persiapan bayi Anda untuk tidur dimalam hari.

Langkah kedua: Pastikan suhu di kamar Anda nyaman untuk bayi Anda. Terlalu panas atau terlalu dingin akan membuatnya sulit tertidur.

Langkah ketiga: Pastikan popok bayi Anda bersih dan sudah menyusu sebelum waktunya tidur.

Langkah keempat: Letakkan bayi Anda dengan perlahan saat menaruhnya di tempat tidur. Saat bayi Anda terbangun di malam hari untuk menyusu, susui dia dan jangan ajak dia bermain, berbicara dan melakukan sesuatu yang membuatnya terbangun. Cara ini akan membantunya mengerti bahwa malam hari adalah waktunya tidur.

Langkah kelima: Sebaiknya bayi memiliki tempat tidur sendiri, jangan satu kasur dengan Anda. Karena menurut The American Academy of Pediatrics, cara ini akan membuat bayi Anda lebih aman dan menjaga dari risiko akan tertindih oleh Anda atau pasangan.

Langkah keenam: Letakkan bayi Anda tidur telentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak.

Langkah ketujuh: Memberikan dot untuk bayi Anda

Langkah kedelapan: Memainkan beberapa musik lembut untuk membantu bayi Anda tertidur.

Tidak sulit bukan mengikuti cara diatas? Semoga cara tersebut dapat membantu Anda para orang tua baru yang sedang berbahagia.

 

Sumber: livestrong