8 MAKANAN YANG DAPAT MENINGKATKAN IQ ANAK

15

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang pintar dan memiliki IQ atau kecerdasan yang tinggi. Banyak cara dilakukan untuk dapat meningkatkan prestasi anak, salah satunya dengan memberikan asupan gizi tepat. Diet yang buruk terkait dengan makanan tinggi lemak, gula dan makanan olahan seperti junkfood pada anak usia dini dikaitkan dengan penurunan IQ anak sementara diet yang sehat berupa makanan kaya nutrisi dikaitkan dengan peningkatan IQ anak. Penelitian ini telah dilakukan pada 14.000 anak di UK. Berikut ini jenis makanan yang baik untuk mengkatkan IQ anak

  • Salmon

Salmon mengandung DHA yang merupakan bagian dari omega 3. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan mengandung omega 3 memiliki pikiran yang lebih tajam dan memiliki keterampilan mental yang lebih baik. Ikan tuna juga mengandung omega 3 namun tidak sebanyak salmon.

  • Telur

Makanan yang satu ini dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, kuning telur mengandung choline. Kandungan ini dikenal dapat membantu perkembanangan memori.

  • Kacang

Kacang tanah dan selai kacang merupakan sumber vitaim E yang baik, mereka memiliki antioksidan kuat yang berguna melindungi membran saraf. Kacang juga mengandung thiamin untuk membantu otak mengoptimalkan glukosa sebagai energi.

  • Gandum

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai pasokan glukosa, termasuk juga otak. Gandum utuh menjadi sumber karbohoidrat yang baik. Gandum juga mengantung vitamin B yang dapat menyehatkan sistem saraf. Roti gandum dapat menjadi daftar makanan anak anda.

  • Buah beri

Strawberi, rasberi, dan blueberi memiliki antioksidan yang tinggi terutama vitamin C yang baik untuk tubuh. Biji dari buah ini juga menjadi sumber omega 3 sehingga dapat meningkatkan daya ingat.  

  • Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt merupakan makanan yang mengandung protein serta karbohidrat. Protein juga penting untuk pertumbuhan jaringan otak. Penelitian menunjukkan anak-anak dan remaja membutukan 10 kali lebih banyak vitamin D karena berguna untuk pertumbuhan sistem araf serta otot dan  terlibat penting dalam siklus hidup sel.

  • Daging merah

Daging merah seperti daging sapi adalah salah satu sumber zat besi paling baik. Zat besi adalah mineral penting yang membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi juga mengandung seng untuk meningkatkan memori.

  • Sayuran

Sayuran bewarna warni seperti tomat, kentang, wortel, dan bayam merupakan sayuran kaya antioksidan yang baik untuk menjaga sel otak kuat dan sehat. Sayuran dapat diolah menjadi berbagai makanan agar anak menyukainya mulai dari dibuat salad hingga diolah menjadi cake. (ITA)

Sumber:

Chang, L. 2010. Top 10 Brain Foods for Children. https://www.webmd.com/parenting/features/brain-foods-for-children#1. 7 Juli 2019

Northstone. 2011. The Childhood Foods That Increase IQ. https://www.spring.org.uk/2018/01/foods-increase-iq.php. 7 Juli 2019