8 Nutrisi Penting Untuk Tidur Lebih Nyenyak

142

  • Magnesium

Magnesium dapat memicu berbagai zat relaksasi di dalam tubuh Anda yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Magnesium dapat membantu mengurangi rasa cemas, mengatasi nyeri kepala, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi nyeri perut akibat menstruasi.

Selain mengkonsumsi 400 mg suplemen magnesium setiap harinya, mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung magnesium juga dapat membantu tubuh Anda memperoleh kebutuhan magnesiumnya. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak magnesium adalah biji-bijian, kacang-kacangan, wortel, ubi, sayuran hijau, ikan, gandum, dark coklat, kiwi, dan pisang.

  • Kalium

Kalium merupakan salah satu elektrolit penting yang diperlukan tubuh untuk mengatur kadar cairan di dalam tubuh. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium adalah biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan segar, buah-buahan kering, yogurt, timun, ubi, tomat, alpukat, sayuran hijau, seledri, oat, dan ikan.

  • Vitamin B6

Nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak adalah vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu melawan stress dan membuat sistem saraf Anda menjadi lebih rileks. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 adalah pisang, yogurt, kacang mede, almond, alpukat, ikan, tomat, bayam, ubi, rumput laut, oat, dan telur.

  • Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Kalsium dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah serta mengurangi rasa cemas. Beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah sayuran hijau, yogurt, susu almond, kacang almond, dan brokoli.

  • Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat membantu melawan stress, mengatasi peradangan, membuat tubuh lebih rileks, dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah biji labu kuning, kacang walnut, ikan halibut, ikan salmon, dan telur yang diperkaya dengan omega 3.

  • Triptofan

Triptofan merupakan suatu prekursor serotonin yang dapat membuat sistem saraf Anda lebih tenang, yang membuat Anda merasa rileks dan dapat tidur dengan lebih nyenyak. Beberapa jenis makanan sumber triptofan adalah kalkun, pisang, ayam, telur, ubi, biji labu kuning, kacang almond, yogurt, dan sayuran hijau.

  • Protein

Protein mengandung banyak asam amino dan dapat membantu mengurangi kadar hormon stress, hormon kortisol sehingga dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Selain itu, protein juga dapat membantu menurunkan kadar insulin yang selain berperan untuk mengendalikan kadar gula darah juga dapat memicu peningkatan kadar hormon stress. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein adalah daging tanpa lemak, spirulina, telur, kacang-kacangan, oat, biji-bijian, yogurt, sayuran hijau, dan seafood.

  • Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa sangat lelah dan sulit tidur. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi cukup zat besi setiap harinya. Beberapa jenis makanan sumber zat besi adalah brokoli, daging merah, kacang-kacangan, ginjal, dan hati.

Sumber: womanitely