8 Pengobatan Alami untuk Asam Lambung

353

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease atau lebih dikenal sebagai asam lambung yang berbalik atau heartburn merupakan suatu kondisi saat makan, asam yang berasal dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi berbalik ke esofagus Anda dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Asam yang berbalik ke esofagus Anda menimbulkan rasa terbakar, pembengkakan mukosa, iritasi esofagus sampai menimbulkan luka yang dalam pada esofagus Anda. Anda akan mengalami gejala-gejala seperti suara serak, rasa makanan tersangkut di esofagus, sensasi terbakar, mual, muntah, batuk dan erosi pada lapisan enamel gigi. Jika gejala ini tidak diobati dalam jangka waktu yang lama maka dapat menyebabkan kanker di esofagus. Berita baiknya GERD dapat diobati dengan cara pengobatan alami dengan bahan yang tersedia di rumah.

Berikut adalah pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk megobati GERD
1.  Menurunkan berat badan
Tahukan Anda resiko terkena GERD semakin meningkat saat berat badan Anda meningkat? Memang penurunan berat badan bukan termasuk pengobatan alami tetapi hal ini dapat Anda lakukan. Saat Anda mengalami kelebihan berat badan. Lemak-lemak di perut akan menghalangi  kerja otot-otot sphingter esofagus sehingga makanan dapat berbalik kembali keatas. Dengan mengurangi berat badan, lemak di perut Anda juga akan ikut berkurang dan Anda akan lihat proses pencernaan Anda akan berjalan lebih baik.

2.  Diet anti asam lambung
Hal ini mungkin agak sulit untuk dilakukan karena Anda harus rela tidak menikmati berbagai makanan dan minuman nikmat seperti coklat. Hal-hal lain yang harus dihindari adalah alkohol, nikotin, kafein, makanan berlemak, dan makanan pedas.

3.  Kacang almond
Kacang almond mentah merupakan jenis makanan alkali yang dapat menyeimbangkan pH tubuh Anda. Selain itu kacang almond juga merupakan sumber kalsium yang baik. Rendam kacang almond semalaman dalam air supaya mudah untuk dikunyah.

4.  Jus lidah buaya
Anda punya tanaman lidah buaya di taman? Anda bisa menggunakannya untuk pengobatan GERD. Jus lidah buaya yang alami akan lebih bermanfaat daripada jus lidah buaya kemasan yang sudah mengalami berbagai proses produksi.

5.  Campuran air hangat, lemon dan madu
Dengan meminum campuran air hangat dengan lemon dan madu, misalnya setiap 20 menit sebelum Anda makan, akan menyeimbangkan konsentrasi asam lambung didalam tubuh. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya asam lambung.

6.  Campuran baking soda dan air
Campurkan sedikit baking soda ke dalam setengah cangkir air putih juga dapat mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung ke esofagus.

7.  Cuka apel
Anda bisa menambahkan cuka apel ke dalam teh hangat atau air hangat dan konsumsilah setiap hari.  Terkadang memang perlu mengkonsumsi sedikit makanan yang asam untuk menjaga keasaman lambung.

8.  Apel
Dengan mengkonsumsi sebuah apel merah setiap hari akan mencegah timbulnya asam lambung naik.

Ingin mengetahui lebih lagi tentang GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease, silahkan liat disini


Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri..

Download Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok