9 Gejala Kanker Paru yang Perlu Diwaspadai

139

Kanker paru mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun pada stadium awal. Sekitar 40% penderita kanker paru baru mengetahui bahwa mereka menderita kanker paru setelah penyakit mencapai stadium lanjut. Di bawah ini terdapat beberapa gejala kanker paru yang perlu diwaspadai.

 

1.      Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk yang disebabkan oleh flu atau infeksi saluran pernapasan biasanya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Akan tetapi, bila batuk Anda tidak juga sembuh, maka hal ini dapat merupakan gejala kanker paru. Oleh karena itu, segera hubungi dokter Anda bila batuk Anda tidak kunjung sembuh.

 

2.      Perubahan Pola Batuk

Perhatikanlah ada tidaknya perubahan pada batuk Anda, terutama bila Anda merupakan seorang perokok. Jika Anda merasa bahwa batuk Anda menjadi lebih sering atau membuat suara Anda menjadi serak atau batuk disertai dengan darah atau lebih banyak lendir daripada biasanya; maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat.

 

3.      Sesak Napas

Sesak napas atau mudah kehabisan napas juga dapat merupakan salah satu gejala kanker paru. Gejala ini biasanya timbul bila kanker telah menghalangi atau membuat saluran pernapasan menjadi lebih sempit atau karena adanya cairan di dalam dada akibat tumor. Jika Anda mengalami sesak napas atau mudah kehabisan napas setelah melakukan suatu aktivitas fisik yang biasanya dengan mudah dapat Anda lakukan, maka segera periksakan diri ke dokter.

 

4.      Nyeri Dada

Kanker paru dapat menyebabkan nyeri di daerah dada, bahu, atau punggung. Rasa nyeri ini juga mungkin tidak berhubungan dengan batuk. Nyeri dada ini mungkin diakibatkan oleh pembesaran kelenjar getah bening atau metastasis (penyebaran) sel kanker ke dinding dada, pleura (lapisan pembungkus paru), atau tulang rusuk.

 

5.      Mengi

Saat saluran pernapasan tersumbat atau meradang, maka akan terdengar suara mengi atau seperti suara tiupan peluit saat Anda bernapas. Selain kanker paru, mengi dapat disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan lain yang dapat diobati.

 

6.      Suara Berubah Menjadi Serak

Jika Anda merasa suara Anda berubah atau jika orang lain mengatakan bahwa suara Anda terdengar lebih dalam, kasar, atau serak; maka segera hubungi dokter Anda, terutama bila perubahan suara ini telah berlangsung selama lebih dari 2 minggu. Suara penderita kanker paru dapat menjadi serak karena tumor telah mengenai saraf yang mengatur laring atau pita suara.

 

7.      Penurunan Berat Badan Tanpa Penyebab yang Jelas

Bila Anda mengalami penurunan berat badan hingga 5 kg atau lebih tanpa penyebab yang jelas, maka hal ini dapat merupakan gejala dari kanker paru atau kanker lainnya. Penurunan berat badan dapat terjadi karena sel-sel kanker menggunakan energi di dalam tubuh atau akibat perubahan dari cara tubuh menggunakan energi yang diperolehnya melalui makanan.

 

8.      Nyeri Tulang

Kanker paru yang telah menyebar hingga ke tulang dapat menyebabkan timbulnya nyeri di daerah punggung atau daerah tubuh lainnya. Nyeri ini biasanya akan semakin memburuk di malam hari saat Anda sedang tidur terlentang. Selain itu, kanker paru juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri bahu, nyeri lengan, atau nyeri leher walaupun lebih jarang.

 

9.      Nyeri Kepala

Nyeri kepala dapat merupakan pertanda bahwa kanker paru telah mencapai otak atau karena tumor telah menekan pembuluh darah besar yaitu vena kava superior.

 

Untuk membantu mendeteksi adanya sel kanker paru sedini mungkin, maka dianjurkan agar setiap orang yang beresiko tinggi untuk melakukan pemeriksaan foto rontgen dada atau CT scan dada. Orang-orang yang termasuk memiliki resiko tinggi menderita kanker paru adalah:

  • Merokok 30 bungkus  atau lebih setiap tahunnya
  • Berusia 55-79 tahun
  • Telah merokok selama 15 tahun terakhir

 

Sumber: healthline