9 Hal Aneh yang Dapat Mengganggu Daya Tahan Tubuh Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

248

Polusi Udara

Berbagai asap, baik asap rokok maupun asap kendaraan bermotor dapat berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru Anda dan juga daya tahan tubuh Anda. Berdasarkan pada penelitian, udara yang kotor akan menekan sel T, salah satu jenis sistem kekebalan tubuh penting, yang dapat menyebabkan terjadinya proses peradangan berlebihan di dalam tubuh Anda.

Terlalu Banyak Duduk Sepanjang Hari

Jika Anda seorang pekerja kantoran, maka sebagian besar waktu Anda mungkin dihabiskan dengan duduk. Hal ini dapat membuat laju metabolisme tubuh Anda menjadi lebih lambat, yang membuat tubuh Anda menyerap berbagai nutrisi penting yang dibutuhkannya dengan lebih lambat.

Salah Memilih Produk Kosmetika 

Foundation, concealer, lipstik, dan berbagai jenis kosmetik lainnya ternyata tidak hanya berdampak pada kulit wajah Anda, tetapi juga pada tubuh Anda. Beberapa jenis kosmetika mungkin mengandung zat beracun seperti natrium lauril dank arena sistem kekebalan tubuh Anda tidak terbiasa mencerna komponen ini, maka komponen ini pun mungkin akan terlewatkan oleh daya tahan tubuh Anda.

Sering Mengkonsumsi Junk Food

Tepung putih di dalam beberapa jenis makanan yang dipanggang dapat mengganggu kerja sel T dan sel B di dalam tubuh Anda. Keduanya merupakan bagian sistem kekebalan tubuh yang penting untuk melawan berbagai penyakit.

Kurang Tidur

Kurang tidur membuat tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup banyak melatonin, yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda juga tidak dapat memproduksi cukup banyak sel darah putih untuk melawan berbagai jenis bakteri dan membantu proses regenerasi di dalam tubuh Anda.

Mengkonsumsi Terlalu Banyak Protein

Mengkonsumsi terlalu banyak protein, terutama protein hewani, dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon IGF1, yang telah diketahui dapat mempercepat proses penuaan dan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Stress

Stress kronik dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, yang dapat menurunkan berbagai jenis hormon lainnya, termasuk testosteron dan estrogen. Bila terjadi gangguan keseimbangan hormonal, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga tidak dapat bereaksi cukup cepat untuk melawan berbagai kuman.

Jarang Mengkonsumsi Lemak Baik

Memang benar Anda perlu menghindari konsumsi lemak trans dan lemak jenuh, akan tetapi tidak dengan lemak sehat. Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, dan kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan lemak sehat memiliki zat anti inflamasi (anti radang) yang dapat membantu mengatur kerja sistem kekebalan tubuh Anda.

Tidak Berolahraga

Olahraga apapun akan lebih baik daripada tidak berolahraga, akan tetapi yoga tampaknya merupakan jenis olahraga yang paling mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Yoga dapat menstimulasi sistem sirkulasi, sistem pencernaan, sistem saraf, dan sistem endokrin tubuh Anda, yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store