9 Makanan Pencegah Kanker Payudara

244

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi dan paling sering menyebabkan kematian di antara semua kanker lainnya. Kanker payudara merupakan suatu penyakit kompleks yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor genetika, gaya hidup, dan pola makan seseorang.
Kanker payudara dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi diet sehat dan seimbang, seperti:
•  Membatasi konsumsi minuman beralkohol
•  Berhenti merokok
•  Menjaga berat badan sehat
•  Menyusui
•  Hindari paparan terhadap radiasi dan polusi lingkungan lainnya
•  Batasi waktu terapi hormonal
•  Berolahraga secara teratur atau tetap aktif
•  Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu melawan sel kanker dan mencegah terjadinya kanker payudara seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1.  Brokoli
Brokoli mengandung zat anti kanker, indol 3-karbinol. Zat ini dapat mengubah jenis estrogen yang menyebabkan kanker menjadi jenis estrogen yang justru melindungi tubuh dari kanker dan membantu mengurangi resiko terjadinya beberapa kanker, termasuk kanker payudara, kanker kandung kemih, kanker kelenjar getah bening, kanker prostat, dan kanker paru.

Konsumsilah 5 porsi brokoli setiap harinya untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Brokoli yang telah dimasak memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan anda daripada brokoli mentah. Untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, konsumsilah brokoli bersama dengan kol atau kembang kol.

2.  Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu, salmon juga mengandung protein, vitamin B12 dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel tubuh dan mencegah kanker.
Konsumsilah 3 porsi salmon setiap minggunya. Selain salmon, berbagai jenis ikan lain yang juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara adalah ikan mackerel, ikan sarden, ikan trout, ikan sea bass, dan ikan tuna.

3.  Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang dapat mencegah terjadinya berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker paru, dan kanker kulit. Berdasarkan berbagai penelitian, kunyit diduga dapat membantu penyebaran sel kanker payudara ke dalam paru-paru bila diberikan bersamaan dengan obat kemoterapi. Kunyit mengandung beberapa agen anti kanker dan dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat radiasi.

4.  Blueberi
Blueberi mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Berbagai zat fitokimia di dalam blueberi dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran berbagai jenis kanker payudara.

Asam ellagic di dalam blueberi juga dapat menghancurkan berbagai zat penyebab kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Berbagai jenis buah beri lainnya yang juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara adalah strawberi, raspberi, blackberi, dan cranberi. Untuk memperoleh manfaat maksimal, konsumsilah blueberi segar.

5.  Tomat
Likopene di dalam tomat merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah perkembangan kanker payudara dengan cara menghentikan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, likopene juga dapat menghentikan pertumbuhan tumor dengan cara mengganggu pertumbuhan sel yang abnormal.
Selain kanker payudara, likopene juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker paru dan kanker endometrium (rahim). Untuk memperoleh manfaat maksimal dari tomat anda sebaiknya mengkonsumsi setengah gelas jus tomat segar setiap harinya.

6.  Bawang Putih
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara. Sulfur di dalam bawang putih dapat mempercepat proses perbaikan DNA dan membunuh sel-sel kanker yang menyebabkan terjadinya kanker payudara, kanker mulut, kanker lambung, dan kanker usus besar. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari bawang putih, maka kupas kulitnya dan cincanglah kemudian diamkan selama sekitar 15 menit sebelum mulai memasaknya.

7.  Buah Delima
Berdasarkan penelitian, buah delima diduga juga dapat membunuh sel-sel kanker payudara tanpa mempengaruhi sel-sel sehat lainnya. Polifenol di dalamnya juga dapat membantu mencegah terbentuknya sel-sel kanker payudara baru. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk buah segar atau jus buah.

8.  Bayam
Lutein pada bayam memiliki peranan penting dalam mencegah terjadinya kanker payudara, kanker mulut, kanker esofagus (tenggorokan), dan kanker lambung. Zeaxanthin dan karotenoid di dalamnya juga dapat membuang berbagai radikal bebas dari dalam tubuh anda sebelum mereka merusak sel-sel sehat di dalam tubuh anda.

Dianjurkan agar wanita mengkonsumsi bayam setidaknya 2 kali seminggu untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.

9.  Kacang Walnut
Kacang walnut mengandung berbagai nutrisi dan asam lemak omega 3, yang dapat membantu tubuh melawan berbagai inflamasi (radang) sehingga dapat memperlambat pertumbuhan kanker payudara.
Berdasarkan penelitian, kacang walnut juga dapat melindungi tubuh anda dari berbagai paparan lingkungan yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker. Konsumsilah 200 gram kacang walnut setiap harinya untuk memperlambat perkembangan dan pertumbuhan kanker payudara.

 

Sumber: top10homeremedies