9 Penyebab Stress yang Sebenarnya Dapat Dihindari

334

Apakah belakangan ini Anda sering merasa cemas, mudah marah, tegang, atau justru sering murung? Hal ini mungkin dikarenakan Anda sedang stress dan sudah cukup lama mengalaminya tanpa menyadarinya.

Mengapa Anda tidak sadar Anda sedang stress? Hal ini mungkin dikarenakan penyebab stress Anda terlalu umum, sehingga Anda pun tidak menyadarinya. Di bawah ini Anda dapat melihat berbagai hal sehari-hari yang ternyata dapat membuat Anda menjadi stress.

 

Kelaparan

Kelaparan merupakan penyebab tersering dari stress. Banyak orang menjadi lebih mudah marah dan bahkan merasa stress saat mereka kelaparan. Untuk menghindarinya, pastikan Anda selalu menyediakan cemilan di dalam tas Anda ke mana pun Anda pergi.

 

Tidak Menyukai Pekerjaan Anda

Pekerjaan, apapun itu, termasuk pekerjaan yang Anda sukai, pasti akan membuat Anda mengalami stress. Akan tetapi, tidak menyukai pekerjaan Anda tentu akan membuat Anda lebih stress dan tidak bahagia. Cobalah mencari tahu pekerjaan seperti apa yang Anda sukai dan bekerjalah di bidang itu atau bidang lain yang berhubungan dengannya.

 

Kesepian

Salah satu hal yang juga sering membuat seseorang merasa stress adalah rasa kesepian. Manusia merupakan makhluk yang tidak dapat hidup sendirian. Jadi, saat Anda terlalu sering sendirian dan merasa kesepian, maka hal ini dapat berbahaya karena dapat membuat Anda menjadi stress.

 

 

 

Memiliki Hubungan Asmara yang Bermasalah

Memang benar bahwa Anda memerlukan seseorang untuk terhindar dari rasa kesepian, akan tetapi bukan berarti Anda dapat bersama dengan seseorang yang berpengaruh buruk bagi kehidupan Anda. Lebih baik Anda sendirian daripada bersama dengan seseorang yang terus saja membuat Anda stress dan marah.

 

Selalu Merasa Khawatir

Jika Anda selalu merasa khawatir mengenai segala sesuatu dalam kehidupan Anda, maka Anda pasti akan merasa stress. Cobalah menyelesaikan berbagai permasalahan Anda satu persatu daripada terus merasa khawatir karenanya.

 

Trauma Masa Kanak-kanak

Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki suatu trauma pada masa kanak-kanak yang terus saja membuat Anda merasa stress setiap kali mengingatnya. Pemicunya dapat apa saja, mulai dari tempat, wewangian tertentu, lagu, atau suara. Anda mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari tahu apa penyebab trauma Anda. Tetapi, mengatasi trauma ini dapat membantu menghilangkan rasa stress Anda.

 

Memiliki Dendam

Menyimpan dendam tidak hanya dapat membuat Anda mengalami kelelahan, baik mental maupun fisik, tetapi juga dapat membuat Anda stress. Ingatlah bahwa rasa sakit hati dan dendam yang Anda pendam hanya akan menyakiti diri Anda sendiri. Jadi, berdamailah dengan diri Anda dan lupakanlah rasa dendam Anda tersebut.

 

Selalu Berpikiran Negatif

Terlalu sering berpikiran negatif dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi stress, yang dapat mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, ubahlah cara berpikir Anda dan cobalah untuk berpikir lebih positif.

 

Memendam Amarah

Seperti halnya dendam, menyimpan kemarahan di dalam diri Anda juga dapat membuat Anda menjadi sangat stress. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh terus menunjukkan dan melampiaskan kemarahan Anda tanpa kendali. Jadi, marahlah di saat Anda memang harus marah tetapi tetap kendalikan diri Anda.

 

.

 

Sumber: allwomenstalk