9 Sumber Kuman di Dapur Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

238

1.  Spons Cuci Piring dan Lap
Spons cuci piring merupakan tempat yang paling banyak mengandung kuman di dalam rumah anda. Spons yang basah merupakan tempat yang baik bagi bakteri untuk bertumbuh.
Membersihkan tangan anda dengan lap setelah memegang daging mentah membuat bakteri di dalam daging berpindah ke lap tersebut.
Untuk menghindari perpindahan kuman, cucilah spons cuci piring dan lap anda secara teratur.

2.  Celemek
Celemek merupakan salah satu sumber bakteri. Kontaminasi kuman dari makanan mentah ke makanan matang dapat terjadi melalui celemek. Oleh karena itu, cucilah celemek anda setiap kali selesai memasak.

3.  Talenan
Talenan anda dapat mengandung lebih banyak bakteri daripada dudukan kloset anda. Oleh karena itu, cucilah talenan anda, terutama setelah digunakan untuk memotong daging mentah, sayuran mentah yang akarnya masih mengandung tanah. Cucilah talenan anda dengan sabun cuci piring dan air bersih yang mengalir.

4.  Kulkas
Menjaga makanan tetap dingin di dalam kulkas tidak dapat membunuh bakteri yang terdapat di dalamnya, hanya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri.
Bersihkanlah kulkas anda secara teratur dan pastikan suhu di dalam kulkas anda tetap pada 5°C atau lebih rendah.

5.  Lantai Dapur
Lantai dapur merupakan tempat kuman berpindah tempat dari makanan mentah yang anda beli di pasar ke dalam dapur dan rumah anda. Pastikan agar anda membersihkan lantai dapur anda secara teratur.

6.  Tempat Cuci Piring
Jamur dapat dengan mudah tumbuh di sekitar tempat cuci piring anda. Bersihkanlah tempat cuci piring anda secara teratur untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh subur di dalam dan sekitarnya.

7.  Tempat Sampah
Gunakanlah tempat sampah yang memiliki tutup pada dapur anda. Selain mencegah penyebaran bau tidak sedap, hal ini juga berguna untuk mencegah lalat hinggap pada sampah dapur anda yang kemudian dapat menyebarkan bakteri ke seluruh rumah anda. Bersihkanlah tempat sampah anda secara teratur.

8.  Pegangan Pintu
Saat anda memasak di dalam dapur, anda seringkali membuka lemari dapur anda, kulkas, atau menyalakan kompor anda. Hal ini dapat membuat bakteri menyebar ke berbagai pegangan tersebut. Bersihkanlah semua pegangan ini seminggu sekali untuk menghentikan penyebaran bakteri.

9.  Tangan Anda
Tangan anda dapat membantu penyebaran bakteri ke berbagai benda dan tempat yang anda sentuh. Oleh karena itu, cucilah tangan anda dengan sabun dan air bersih sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, setelah menggunakan kamar mandi, setelah memegang atau membuang sampah, dan setelah menyentuh hewan peliharaan anda.


Tanya keluh sehatmu lewat aplikasi, install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store