A To Z Tentang Flu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

258

Flu atau Common Cold  merupakan rhinitis akut yang disebabkan oleh virus. Rhinitis adalah kondisi dimana selaput lendir pada hidung yang terkena iritasi atau radang akan memproduksi lebih banyak lendir dan mengembang, sehingga hidung menjadi tersumbat dan pernafasan menjadi sulit.

Apakah penyebab Flu?

Rhinovirus, dikenal lebih dari 100 serotipe, adalah penyebab Flu pada orang dewasa; sekitar 20-40% kasus Flu disebabkan virus ini, terutama pada musim hujan. Namun, hampir 50% kasus flu belum diketahui penyebabnya.

Apa saja gejala Flu?

Gejalanya berupa sesak nafas dengan/ tanpa sumbatan hidung, bersin-bersin, tenggorokan gatal, hidung meler, batuk ringan, suara serak, lemas, sakit kepala, serta demam yang tidak terlalu tinggi.

Mengapa meskipun sudah mendapat vaksin Flu tetapi masih terkena flu?

Virus penyebab Flu sangat banyak, mencapai hampir 250 jenis virus yang berbeda. Sulit bagi para peneliti untuk menyiapkan vaksin untuk sekian jenis virus Flu. Selain itu, Flu cenderung ringan dan tidak menyebabkan komplikasi serius, sehingga kebutuhan vaksin untuk setiap serotype virus dianggap tidak mendesak.

Bagaimana pengobatannya?

Umumnya gejala biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 4-10 hari, meskipun gejala batuk dengan atau tanpa dahak seringkali berlangsung sampai minggu kedua. Proses penyembuhan tentunya bergantung dari sistem imunitas dari tubuh oenderita sendiri, beberapa halyang perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah penularan, antara lain:

  1. Usahakan untuk beristirahat cukup
  2. Gunakan masker, tidurlah di kamar yang terpisah jika perlu (terutama jika Anda tidur dengan anak Anda yang masih kecil).
  3. Jika terdapat demam atau gejala yang berat, sebaiknya tirah baring atau bed rest di rumah.
  4. Perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, guna membantu mengencerkan sekret hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.
  5. Untuk meringankan nyeri atau demam dapat diberikan obat golongan analgetik antipiretik.
  6. Pada penderita dengan riwayat alergi, dapat diberikan antihistamin
  7. Mencuci rongga hidung dengan larutan garam hangat bisa membantu mengeluarkan sekret yang kental
  8. Batuk merupakan satu-satunya cara untuk membuang sekret dan debris dari saluran pernafasan. Oleh karena itu sebaiknya batuk tidak perlu diobati, kecuali jika sangat mengganggu dan menyebabkan penderita susah tidur.
  9. Antibiotik tidak efektif untuk mengobati flu, antibiotik hanya diberikan jika terjadi suatu infeksi bakteri.

Bagaimana cara mencegah Flu?

  1. Karena virus dapat menyebar dengan mudah melalui kontak fisik secara langsung ataupun melalui udara atau cairan tubuh, maka perlu dilakukan upaya pencegahan.
  2. Rajin mencuci tangan dengan sabun, terutama jika menyentuh atau kontak dengan orang yang terkena flu.
  3. Makan makanan bergizi seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Gunakan masker jika sedang flu/batuk.
  5. Upayakan gaya hidup sehat seperti hindari merokok, hindari minuman keras, atasi stress, dan istirahat cukup.

Flu merupakan penyakit tidak berbahaya tetapi perlu dicegah karena menurunkan produktivitas kerja masyarakat sebab penularannya yang cepat. (SA/CM)

Daftar Pustaka:

Adams, G., Boies, L. and Higler, P., 2007, Buku Ajar Penyakit THT, Edisi Keenam, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 135-142.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store