Agar Anak Sehat, Berapa Banyak Sih Gula Yang Aman Dikonsumsi Oleh Anak?

298

Percaya atau tidak, anak Anda memang perlu mengonsumsi gula setiap hari karena merupakan sumber energi yang penting. Masalahnya adalah banyak anak mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan, yang tidak bergizi dan tidak menyediakan nutrisi apa pun yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak-anak.

Jangan panik jika anak Anda makan permen dan semangkuk es krim dalam satu hari, tapi bila berlebihan maka Anda harus perhatikan berapa banyak gula yang dikonsumsi sehingga Anda bisa mengendalikan asupan gula anak Anda di masa depan dengan lebih baik.

Rekomendasi Harian

Rata-rata anak berusia 1-3 tahun mengonsumsi sekitar 12 sendok teh gula setiap hari, dan rata-rata anak berusia 4-8 tahun mengonsumsi 21 sendok teh, menurut American Heart Association. Dan jumlahnya bukan menurun justru semakin meningkat saat berusia remaja.

Anak-anak berusia antara 9-19. Anak laki-laki di kelompok usia ini rata-rata konsumsi gula sekitar 29-34 gram gula sehari, dan anak perempuan pada kelompok usia yang sama rata-rata berusia antara 23-25 gram, menurut jurnal “Circulation.” Jumlah ini melebihi batas gula yang disarankan untuk anak-anak dengan jumlah yang signifikan.

Batas gula yang sebenarnya untuk anak-anak adalah 3-4 sendok teh selama masa TK dan awal SD dan 5-8 sendok teh saat usia remaja.

Gula dan Kesehatan

Gula memberi energi pada anak Anda dan penting untuk menyediakan sumber gula bergizi. Namun perlu perhatikan agar konsumsi gula tidak berlebih. Gula yang ditemukan pada buah-buahan, sayuran dan makanan olahan susu itu alami, yang berarti Anda harus memasukkannya ke dalam menu harian anak Anda.

Yang berbahaya bagi kesehatan anak Anda adalah menambahkan gula, yang ditemukan dalam makanan pencuci mulut, soda dan makanan panggang. Roti putih, pasta putih dan bahkan bumbu seperti kecap dan saus barbekyu juga mengandung tambahan gula. Terlalu banyak menambahkan gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat, dan  juga membuat anak Anda lebih rentan mengalami kerusakan gigi.

Apa Yang Harus Dihindari?

Soda bisa jadi merupakan sumber gula tidak sehat yang sering diminum oleh anak. Menurut situs KidsHealth, soda sebanyak 350 ml mengandung sekitar 10 sendok teh gula tambahan, takaran ini melebihi kebutuhan gula anak-anak. Kue, biskuit, brownies, es krim dan permen adalah sumber gula tambahan lainnya, dan banyak anak mengonsumsi setidaknya satu porsi dari jenis makanan ini setiap hari. Minuman kaleng juga mengandung gula berlebih sehingga perlu dikurangi.

Tips Untuk Anak

Salah satu cara termudah untuk membatasi asupan tambahan gula adalah dengan membatasi asupan soda dan minuman manis dari anak Anda. Cara ini akan mengurangi sejumlah besar gula yang masuk ke dalam tubuhnya.

Untuk makanan penutup yang manis Anda boleh memberikan kepada anak sesekali seperti pada akhir minggu. Selain itu tambahkan buah, karena buah memiliki rasa manis dan kalori yang lebih sedikit di banding makanan manis lainnya. Buah juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk pertumbuhan anak.

Sumber: healthyeating.sfgate