AIR MINUM YANG LAYAK DIKONSUMSI

8

Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak. Air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Air yang terlihat jernih saja belum tentu bersih dan belum tentu memenuhi syarat untuk diminum. Pertanyaannya, apakah Anda yakin bahwa air yang Anda gunakan dan Anda konsumsi sudah memenuhi syarat sebagai air bersih dan air layak konsumsi?

Air memang memiliki berbagai peran penting untuk kehidupan manusia. Bahkan, 80% komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Pentingnya air bagi manusia ditunjukkan dari berbagai fungsinya di antaranya:

  1. Membantu proses pencernaan.
  2. Menjaga kestabilan suhu tubuh dan keseimbangan tubuh.
  3. Membantu proses penyerapan zat makanan didalam tubuh.
  4. Membuang racun, kotoran serta zat-zat yang tidak berguna.
  5. Membantu peredaran darah.
  6. Merawat kesegaran kulit.

Air bersih adalah air yang boleh digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, serta mencuci tangan dan kaki.

Syarat-syarat kualitas air bersih diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Syarat Fisik: tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna
  2. Syarat Kimia: kadar besi maksimum yang diperbolehkan 0,3 mg/l; dengan kesadahan (maks 500 mg/l)
  3. Syarat Mikrobiologis: koliform tinja/total koliform (maks 0 per 100 ml air). Koliform menunjukkan jumlah bakteri normal yang diperbolehkan terdapat pada air.

Untuk mengetahui apakah air yang Anda gunakan sudah memenuhi syarat air bersih, Anda dapat melakukan pemeriksaan. Anda tinggal mengambil sedikit air Anda dan letakkan dalam wadah tertutup seperti botol yang bersih. Kemudian, bawalah ke laboratorium pengecekan kualitas air, biasanya terdapat di perguruan tinggi yang memiliki jurusan biologi.

Bila Anda menggunakan air PDAM maka Anda tidak perlu khawatir karena air di PDAM sudah terjaga sesuai syarat air bersih. Bila ragu, Anda dapat menanyakannya pada petugas PDAM untuk mengecek ulang.

Jenis-jenis air minum

  1. Air yang didistribusikan melalui pipa untuk keperluan rumah tangga;
  2. Air yang didistribusikan melalui tangki air;
  3. Air kemasan;
  4. Air yang digunakan untuk produksi bahan makanan dan minuman yang disajikan kepada masyarakat; harus memenuhi syarat kesehatan air minum.

Kondisi lingkungan saat ini memang membuat sumber air bersih terutama air yang layak minum semakin hari semakin berkurang, tidak semua orang di dunia ini yang mudah mendapatkan air bersih. Pencemaran lingkungan, termasuk pencemaran air terjadi dimana-mana. Dengan adanya pencemaran air ini, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri air yang layak minum, bukan sekedar bersih tapi juga baik untuk kesehatan ketika diminum. Karena bisa saja air yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari. (PUT/STE)

Referensi:

  1. Depkes RI. 2006.Pedoman Pelaksanaan Penyelenggaraan Hygiene Sanitasi Depot Air Minum. Jakarta. Depkes RI.