AKTIVITAS HARIAN PENYEBAB MATA KERING

7

Mata kering identik dengan mata yang terasa seperti ada yang mengganjal, gatal, sensitif terhadap cahaya, hingga tampak kemerahan. Selain membuat Anda tidak nyaman, kondisi ini juga bisa mengganggu penglihatan. Pengaruh lingkungan, konsumsi beberapa jenis obat, penggunaan lensa kontak, hingga proses penuaan dipercaya sebagai beberapa penyebab mata kering yang utama. Namun, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa kegiatan yang tanpa sadar dapat memperburuk kondisi mata kering Anda?

  • Kena angin kencang

Embusan angin atau udara kencang pada mata normal saja bisa membuat mata seketika terasa kering, apalagi bila ini terjadi pada orang yang telah memiliki mata kering sebelumnya. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk menghindari lingkungan dengan angin yang terlalu kencang, entah di dalam ruangan ber-AC, ruangan dengan kipas angin, atau jalanan. Namun, bila tidak mungkin untuk dihindari, coba gunakan kacamata saat pergi keluar rumah guna melindungi mata. Anda juga bisa memakai humidifier untuk membantu menjaga kelembapan udara di dalam rumah.

  • Merokok

Tidak hanya sebatas merusak paru-paru, merokok bisa merusak banyak organ tubuh. Ini termasuk memperparah penyebab mata kering Anda. Hal ini karena asap dari rokok akan mengiritasi mata sehingga merusak lapisan minyak pelindung mata. Lambat laun, ada efek jangka panjang bagi mata yang disebabkan oleh rokok. Misalnya berisiko terserang penyakit katarak, degenerasi makula, hingga kebutaan. Bahkan walaupun Anda tidak merokok, berada di sekitar perokok aktif pun dapat membuat mata terasa gatal dan perih.

  • Suhu lingkungan terlalu panas atau dingin

Suhu punya andil cukup besar terhadap penyebab mata kering, baik itu suhu panas ataupun dingin. Suhu yang sangat panas dan kering dapat memicu menguapnya simpanan air di dalam mata Anda, suhu yang terlalu dingin pun demikian. Suhu yang sangat dingin bisa membuat mata semakin mengering karena akan menebalkan lapisan meibom. Lapisan meibom adalah lapisan mata yang bertugas untuk mengurangi penguapan air mata, atau dalam kata lain lapisan ini akan menjaga mata tetap terlumasi. Jika lapisan meibom tidak berfungsi optimal, maka air mata yang harusnya melindungi mata akan kesulitan untuk menyebar merata ke seluruh bagian mata.

  • Salah menggunakan obat tetes mata

Kondisi mata kering yang masih ringan maupun sudah tergolong parah, sering disarankan untuk pakai obat tetes khusus mata kering. Alasannya, karena obat tetes ini diyakini mampu bertindak sebagai pengganti cairan pelumas mata, sehingga membantu meringankan penglihatan yang tidak nyaman. Namun, ada obat tetes dengan kandungan bahan kimia yang bisa mengecilkan pembuluh mata Anda, sehingga membuat mata semakin kering. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat tetes mata yang tepat.

  • Sering pakai hair dryer

Hair dryer merupakan solusi singkat dan praktis untuk mengeringkan rambut yang masih basah. Sayangnya, hair dryer bisa bikin mata semakin kering, karena udara hangat dan kering yang dihasilkan dapat menguapkan kandungan air dalam mata. Bila Anda memang harus mengeringkan rambut yang basah, cobalah untuk mengurangi durasi waktu pemakaian hair dryer. Tidak harus benar-benar mengeringkan seluruh helai rambut.

  • Menggunakan komputer dalam waktu lama

Seseorang cenderung jarang berkedip saat sedang berhadapan dengan komputer. Padahal berkedip lebih sering dapat melancarkan aliran air pada mata. Pancaran cahaya dari monitor komputer lama-lama bisa memengaruhi kemampuan penglihatan Anda, yang menyebabkan mata terasa kering dan lebih lelah. Jangan khawatir, Anda bisa tetap menggunakan komputer, kok. Hanya saja, usahakan untuk berkedip lebih sering, istirahatkan mata setiap 15-20 menit sekali, serta selalu sediakan obat tetes mata kering di dekat Anda. (ECM)

Daftar Pustaka

  1. Ilias HS, Yulianti SR. Ilmu penyakit mata. Edisi kelima. Jakarta. FKUI. 2014:1- 12. 12.
  2. Haeny N. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kelelahan pada mata. [Skripsi]. [Jakarta]. FKM UI;2009.