Alasan Mengapa Obat Maag Harus Dikunyah Dulu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

130

Setiap orang yang sedang mengalami sakit maag atau gangguan pada lambung pasti akan diberikan obat maag oleh dokter dan disarankan untuk dikunyah dahulu sebelum ditelan. Obat maag tersebut berfungsi untuk menetralisir asam di lambung. Nah, sebagian orang yang pernah minum obat tersebut pasti bertanya-tanya mengapa obat tersebut harus dikunyah dulu? Bukankah sama saja, toh nantinya akan masuk kedalam perut juga. Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut penjelasannya.

 

Sebelum mengetahui alasan kenapa obat maag harus dikunyah dulu, Anda harus tahu dulu tentang obat maag itu sendiri. Obat maag atau obat antasida umumnya mengandung kandungan aluminium, kalsium, magnesium, atau natrium bikarbonat. Kandungan inilah yang bertindak sebagai zat basa (alkali) untuk melawan lonjakan asam lambung yang tinggi dan pH yang sangat rendah. Dengan masuknya obat antasida ke dalam lambung, maka kondisi pH asam lambung yang terlalu asam bisa kembali normal.

 

Nah mengapa obat ini harus dikunyah dulu? Ternyata, peneliti telah melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Oklahoma University menghasilkan fakta bahwa mengunyah obat maag akan lebih baik dalam mengendalikan keasaman yang muncul di kerongkongan dibandingkan dengan jika kita menelannya secara langsung. Fakta yang sama juga diungkap oleh penelitian yang dilakukan oleh Alimentary Pharmacology and Therapeutics.

 

Penelitian ini dilakukan pada partisipan. Mereka diminta untuk mengonsumsi makanan yang bisa memicu kenaikan asam lambung seperti cabai, keju, atau minuman bersoda. Kemudian mereka dibagi menjadi 3 kelompok, dimana setiap kelompok diberikan jenis obat berbeda-beda yaitu jenis obat tablet kunyah, tablet telan, dan tablet larut air. Setelah sekitar satu jam, hasilnya ternyata kelompok yang menggunakan tablet kunyah dan tablet larut air jauh lebih efektif mencegah timbulnya gejala maag daripada yang tabletnya ditelan.

 

Hal ini dikarenakan ketika antasida ditelan, obat ini akan melewati lambung dengan terlalu cepat untuk menetralkan asam. Sedangkan, ketika Anda mengunyah antasida, antasida yang hancur ini ketika memasuki lambung sudah langsung siap bekerja, sehingga obat ini bekerja lebih efektif menyeimbangkan pH lambung. Itulah mengapa obat maag harus dikunyah dulu, baru ditelan dan minum air.

 

Meski demikian, obat maag terdiri dari berbagai jenis obat. Tidak semua obat maag dikunyah terlebih dahulu. Ada obat yang bekerja langsung di lambung, ada pula yang bekerja di luar lambung. Obat yang langsung bekerja pada permukaan lambung misalnya adalah antasida tadi yang berfungsi untuk menetralkan pH asam. Selain itu juga terdapat obat pelindung mukosa lambung. Sedangkan obat yang bekerja dari luar lambung misalnya adalah obat penghambat produksi asam lambung. Ada pula obat yang mengurangi gejala mual muntah yang bekerja dengan cara menghambat syaraf, baik lokal maupun pusat.

 

Obat antasida bekerja efektif bila dikunyah terlebih dahulu. Namun obat pelindung mukosa lambung, penghambat produksi asam lambung, dan obat untuk mengurangi gejala mual muntah dapat diminum dengan cara ditelan secara langsung. Bila Anda bingung atau tidak yakin, Anda dapat mengonsultasikan pada dokter obat yang Anda konsumsi dan cara meminum yang tepat. Dengan demikian obat akan memberikan efek maksimal untuk tubuh Anda. Semoga berguna dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/obat-maag-harus-dikunyah/

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/obat-maag-harus-dikunyah/

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/obat-maag-harus-dikunyah/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store