Alergi Pada Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

604

Bunda tentunya bingung ketika melihat bercak kemerahan di seluruh tubuh si kecil yang disertai dengan bekas garukan, kadang malah disertai sesak nafas. Alergi pada anak memang dapat timbul tiba-tiba dan gejalanya beragam; terkadang juga disertai pembengkakan bibir dan wajah, sakit perut, mual dan muntah, atau bahkan penurunan perfusi di kaki dan tangan si kecil sampai penurunan kesadaran.

Gejala alergi umumnya tampak pada mukosa kulit, dapat dipicu oleh beberapa jenis allergen, severitas-nya pun bergantung jenis kulit dan sistim imun individu itu sendiri. Beberapa jenis alergi adalah:

  1. Alergi makanan

Reaksi muncul  setelah si kecil mengkonsumsi makanan tertentu. Reaksi ini bisa berupa pembengkakan pada bibir, lidah, dan saluran napas, juga gangguan pencernaan seperti diare dan lain sebagainya. Jenis makanan yang sering menimbulkan alergi adalah susu, telur, makanan laut, kacang tanah, kedelai, dan seafood.

  1. Alergi Obat

Beberapa jenis obat yang sebenarnya dapat membantu penyembuhan penyakit anak, malah dapat menyebabkan reaksi. Gejala yang sering timbul biasanya berupa kulit kemerahan, gatal, kadang juga disertai mata merah dan berair, atau pembengkakan pada mulut dan tenggorokan.

  1. Dermatitis Kontak Alergi

Pencetus alergi adalah bahan kimia yang tercampur dalam bahan-bahan yang sering digunakan setiap harinya, seperti : deterjen, antiseptik, semen, peptisida, bahan kosmetik, spons, dan obat oles. Gejalanya bervariasi dari rasa gatal atau bercak kemerahan yang kemudian dapat berkembang menjadi bengkak, berbintil, dan melepuh.

  1. Alergi Debu

Di dalam debu terdapat jutaan bakteri serta virus yang dapat menyerang anak. Alergi debu biasanya paling sering disertai bersin > 3x, hidung gatal, atau mata berair.

Nah istimewanya, ada beberapa “home remedies” yang dapat membantu meringankan gejala alergi pada anak.

  1. Jahe

Tanaman herbal yang satu ini memang sangat berkhasiat bagi manusia. Gunakan jahe beberapa ruas, lalu rebus dengan air bersih. Setelah 10 menit angkat jahe dan tambahkan madu secukupnya, tunggu hingga hangat dan minumkan pada anak.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya selain sebagai bahan untuk rambut, Lidah buaya juga mampu meredakan ruam akibat reaksi alergi. Gunakan gel yang ada pada lidah buaya, lalu oleskan pada bagian yang memiliki ruam. Rasa dingin pada gel lidah buaya akan meredakan gatal dan ruam pada kulit anak.

  1. Kunyit

Gunakan kunyit yang sudah tua, jika bunda memiliki daun sambiloto maka campurkan dengan kunyit dan tumbuk halus. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang gatal dan ruam.

  1. Minyak Kelapa

Gunakan minyak kelapa yang asli. Cara memakainya juga mudah, yaitu dengan cara dioleskan pada kulit, biarkan hingga mengering lalu bilas.

Semoga bermanfaat, moms! (RA/CM)

Sumber:

  1. https://alergianak.com/info-alergi/pertolongan-pertama-pada-anak-yang-mengalami-gejala-alergi
  2. https://meetdoctor.com/article/jenis-dan-ciri-alergi-pada-anak
  3. Https://www.Areyouallergictoyourmedicine?

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store