Alkohol, Penguggah Euforia Yang Semu

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

322

Angka kecanduan alkohol yang masih tinggi tentu saja menjadi salah satu masalah kesehatan yang pelik. Alkohol memang “mumpuni” untuk membuat sesorang lupa akan masalahnya sejenak sehingga seringkali menjadi mekanisme pelarian dari kenyataan yang harus dihadapi.

Tahukah anda bahwa alkohol sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan? Berikut beberapa gangguan kesehatan yang sering terjadi akibat kecanduan alkohol!

  1. Gangguan hati

Penggunaan alkohol dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Salah satu penyakit yang paling umum terjadi adalah peradangan pada hati atau yang dikenal dengan hepatitis. Pada tahap lanjut alkohol menyebabkan pengerasan pada hati hingga berujung pada gagal hati dan kematian.

  1. Gangguan jantung

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek buruk terhadap jantung berupa gangguan irama jantung, peningkatan detak jantung, kelemahan pada otot jantung, pembesaran jantung bahkan yang paling buruk adalah serangan jantung mendadak.

  1. Kerusakan otak

Secara perlahan sel-sel dalam otak akan dirusak oleh zat yang terkandung dalam alkohol. Bentuk kerusakan otak yang nampak yaitu adanya gangguan konsentrasi, gangguan ingatan, suasana perasaan yang mudah berubah bahkan perubahan pada kepribadian.

  1. Gangguan lambung

Alkohol dasarnya dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Keadaan menjadi lebih berat apabila seorang pecandu mulai menampakkan gejala seperti buang air besar hitam ataupun muntah darah. Ini artinya telah terjadi perdarahan serius pada lambung atau organ pencernaan lainnya.

  1. Disfungsi seksual

Alkohol menyebabkan penurunan produksi dari hormone seksual pria. Kurangnya produksi dari hormone inilah yang menyebakan turunnya dorongan seksual pria. Selain itu gangguan aliran pembuluh darah pada penis akibat alkohol, menyebabkan pria tidak dapat mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual.

Untuk anda yang sudah terlanjur kecanduan alkohol, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi efek kecanduan alkohol

  1. Tetapkan niat untuk berhenti mengkonsumsi alkohol
  2. Buatlah target yang jelas. Umumnya pecandu akan sulit apabila langsung berhenti mengkonsumsi alkohol. Jadi, buatlah target yang jelas dan realistis soal waktu-waktu mengkonsumsi alcohol, misalnya: “ Saya akan berhenti minum alkohol pada hari-hari kerja saya.”
  3. Jika mulai bisa mengurangi kebiasaan minum alkohol, mulai tetapkan target waktu untuk benar-benar berhenti. Misalnya anda akan mulai berhenti mengkonsumsi alkohol dalam 6 bulan ke depan.
  4. Mulai singkirkan botol-botol minuman beralkohol anda yang ada dirumah, agar tidak mudah untuk tergoda meminumnya lagi.
  5. Sampaikan keinginan anda untuk berhenti minum alkohol kepada teman, anggota keluarga atau rekan kerja agar mereka bisa mendukung pemulihan anda.
  6. Hindari lingkungan yang memberikan pengaruh buruk terhadap anda. Batasi diri anda dari orang-orang yang tidak mendukung upaya anda untuk berhenti minum.
  7. Belajar dari masa lalu.

Renungkan upaya apa saja yang telah anda lakukan agar bisa berhenti ketergantungan dengan alkohol dan keuntungan apa saja yang telah anda peroleh.

Alkohol mungkin dapat meringankan beratnya beban anda sekejap, tetapi sebenarnya Anda sedang tidak melakukan apa-apa untuk menyelesaikan masalah Anda. Stop bersembunyi di balik  alcohol dan melihat ada begitu banyak kesempatan yang Anda raih tanpanya! (RH/CM)

Daftar Pustaka :

  1. Smith MA, Robinson L. 2018. Overcoming Alcohol Addiction. Available at https://helpguide.org/articles/addictions/overcoming-alcohol-addiction.htm
  2. Thompson W MD. 2017. Alcoholism Treatment & Management. Available at https://emedicine.medscape.com/article/285913-treatment

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store