Amankah Berhubungan Seks Di Usia Tua?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

576

Penuaan adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari, berlangsung terus-menerus, dan menyebabkan perubahan pada tubuh, sehingga berakibat turunnya fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan, termasuk kemampuan seksual baik pada wanita maupun pada pria.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah lansia tetap dapat melakukan hubungan seks dan  risiko yang dapat timbul jika melakukannya di usia lanjut? Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa hubungan seksual sudah tidak diperlukan lagi ketika seseorang memasuki usia tua. Tapi ternyata, hubungan seksual justru memberikan manfaat yang baik jika dilakukan oleh pasangan lanjut usia walaupun frekuensi hubungannya sudah tidak sesering ketika pasangan tersebut masih muda.

Berhubungan seks pada usia tua sebenarnya aman-aman saja, asalkan memperhatikan frekuensi dan instensitas dari hubungan seks tersebut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa melakukan hubungan seks di usia tua akan menimbulkan dampak yang berbeda bagi pria dan wanita.

Pada pria dengan usia tua yang melakukan hubungan seksual lebih dari dua kali seminggu dengan pasangannya, justru berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung. Hal lain juga menyebutkan usaha dari seorang pria yang berusia lanjut untuk mencapai orgasme akan membuat pria tersebut mengalami kelelahan serta stress yang tinggi, sehingga dapat mempengaruhi kerja jantungnya.

Lain halnya pada wanita, pada wanita usia lanjut melakukan hubungan seksual justru dianggap dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan peluang untuk mengalami penyakit jatung. Hal ini disebabkan karena dukungan emosi yang didapatkan dari hubungan seksual tersebut membuat wanita terhindar dari stress sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

ntinya berhubungan seksual pada usia lanjut tidak dilarang, asalkan kita memperhatikan batasan-batasan yang ada serta tidak memaksakan diri. Perlu diingat bahwa melakukan hubungan seksual adalah cara bagi pasangan suami istri untuk menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga. (EDA)

Sumber :

  1. Putong CA, Tendean L, Wantouw B. Pengaruh usia lanjut terhadap hasrat seksual pria. Bagian Biologi dan Andrologi, Fakultas Kedokteran UNSRAT Manado.
  2. Zuhra N, Arma AJA, Asfriyati. 2013. Analisis factor yang mempengaruhi hubungan seksual pada lanjut usia wanita di wilayah kerja puskesmas tanah luas kabupaten aceh utara. Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store