Amankah Berpuasa Saat Hamil?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

532

 

Amankah berpuasa saat hamil?. Saat berpuasa, seseorang diharuskan menahan lapar dan haus selama sekitar 12 jam sehari. Dari sisi kesehatan, ibu hamil boleh berpuasa, asal dengan syarat mampu dan tidak membahayakan kesehatan dirinya serta janin yang dikandungnya. Penelitian menunjukkan tidak ditemukan pengaruh puasa terhadap pertumbuhan janin, volume cairan ketuban, dan sirkulasi ibu dan janin, pada ibu hamil yang berpuasa dalam kondisi sehat.

Pada kehamilan Trimester I (bulan 1-3), janin masih proses pembentukan organ tubuh, otak, saluran cerna dan ginjal. Umumnya, ibu akan mengalami keluhan seperti mual, pusing, lemas dan muntah. Jika keluhan mual dan muntah yang menyebabkan ibu tidak bisa makan akan membahayakan, maka ibu hamil itu tidak dianjurkan untuk puasa dan harus berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Pada Trimester II  (Bulan 4-6), ibu hamil akan mendapati berat badannya naik rata-rata 0,5 kg per minggu. Keluhan seperti mual, muntah, lemas dan pusing di trimester satu seharusnya sudah menghilang. Jika keluhan tersebut masih ada, seseorang perlu mengonsultasikannya ke dokter. Namun, jika semua kondisi dirasa baik maka ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa

Pada Trimester III (Bulan 7-9), asupan makanan dalam jumlah yang cukup tetap dibutuhkan janin karena terus berkembang. Ibu boleh berpuasa jika tekanan darah normal, tidak ada anemia, tidak memiliki sakit gula, janinnya baik, dan berat bayi sudah sesuai.

Pada beberapa kasus ibu hamil bukan hanya tidak disarankan untuk berpuasa tetapi juga diwajibkan menjaga pola makan dengan ketat, minum obat secara teratur, dan rutin periksa ke dokter, misalnya pada kasus:

  1. Kencing manis atau diabetes saat masa hamil
  2. Penyakit darah tinggi atau hipertensi
  3. Mengalami Perdarahan atau anemia
  4. Dehidrasi atau kekurangan cairan
  5. Gangguan sistem pencernaan misalnya hiperemesis gravidarum atau mual muntah hebat saat masa kehamilan atau penyakit maag yang berat.

Jika kondisi ibu hamil aman untuk berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Kecukupan nutrisi dan gizi yang seimbang

Tetap konsumsi makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu setiap kali bersantap buka dan sahur. Nutrisi yang dibutuhkan adalah sebesar 2500 kilo kalori per hari, terdiri dari 50 persen karbohidrat (sekitar 308 gram) yang bersumber dari nasi, jangung, umbi-umbian, 30 persen protein (sekitar 103 gram) baik protein hewani dan nabati seperti dari ikan, telur, daging, susu, dan 20 persen lemak (sekitar 75 gram) yang terdapat pada kacang-kacangan, telur, dan alpukat.

Saat berbuka, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang cukup, daging, vitamin C, dan antioksidan. Ibu juga bisa menyantap kurma sebagai sumber energi dan karbohidrat. Sedangkan saat sahur dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Konsumsi air putih tetap kurang lebih 2 liter per hari (saat sahur dan buka), dan segelas susu hangat ketika sahur.

  1. Minum Suplemen

Vitamin yang didapatkan dari makanan saja biasanya tidak mencukupi kebutuhan ibu dan janin, beberapa suplemen yang dapat ditambahkan adalah:

  • Zat besi

Hampir 50% ibu hamil umumnya memiliki anemia.

  • Asam folat

Asam folat diperlukan untuk menghindari seorang anak lahir dengan kondisi cacat.

  1. Kalsium

Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang pada janin. Suplemen kalsium biasanya dikombinasikan dengan vitamin D, dan sumber vitamin D alami bisa diperoleh dengan berjemur di sinar matahari sekitar pukul 6 sampai 8 pagi.

Berkonsultasilah dengan dokter sebelum Ibu hamil memutuskan untuk berpuasa. Jika saat berpuasa Ibu mengalami keluhan, segera hentikan puasa Ibu dan segera temui dokter Ibu. Tetap sehat selama bulan puasa, ya Bunda! (SA/CM)

Daftar Pustaka

  1. Moradi M. 2011. The eff ect of Ramadan fasting on fetal growth and Doppler indices of pregnancy. JRMS; 16(2): 165-9.
  2. Firmansyah Adi M. 2015. Pengaruh Puasa Ramadhan pada Beberapa Kondisi Kesehatan. kalbemed.com. Diakses : 19 April 2018

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store