AMANKAH FOTO RONTGEN BAGI IBU HAMIL?

31

Siapa yang tidak mengenal foto rontgen? Foto rontgen adalah salah satu jenis pemeriksaan penunjang pada dunia kedokteran yang menggunakan radiasi untuk mendapatkan gambaran organ di dalam tubuh. Foto rontgen dapat memberikan informasi penting tentang berbagai macam kondisi medis. Selain memiliki manfaat yang penting untuk penunjang diagnostik, foto rontgen juga memiliki risiko.

Tidak jarang ibu hamil yang memiliki penyakit, terkadang membutuhkan pencitraan radiografi atau foto rontgen ini untuk menegakkan diagnosis dan memutuskan perawatan yang tepat. Ibu hamil mungkin memiliki kekhawatiran tentang potensi kerusakan pada janin dari paparan radiasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai potensi paparan radiasi pada ibu hamil, simak artikel berikut!

 

Menurut American Academy of Family Physicians, x-ray umumnya aman selama kehamilan. Namun ada sedikit kontroversi mengenai masalah ini. Hal ini dirasakan bertentangan pada penelitian lainnya, oleh karena itu, rontgen hanya boleh dilakukan ketika manfaatnya lebih besar daripada risikonya.  Tidak semua rontgen aman dilakukan oleh ibu hamil, tergantung dari jenis rontgen yang dilakukan, paparan rontgen pada ibu hamil dan berapa banyak radiasi yang dihasilkan.

Dosis akumulasi radiasi yang dapat membahayakan janin adalah 5 rad. Sedangkan pemeriksaan rontgen gigi biasanya hanya memiliki 0,01 milirad, rontgen dada 60 milirad, dan rontgen perut memiliki 290 milirad. Melihat akumulasi radiasi yang terjadi pada setiap pemeriksaan di atas, rontgen terbilang cukup aman untuk ibu hamil jika hanya melakukan foto rontgen hanya 1 hingga 2 kali.

 
Pada penelitian sinar x yang dilakukan di lengan, kaki, kepala, gigi atau dada - tidak akan membuat organ reproduksi wanita terkena radiasi. Namun rontgen perut perlu dihindari karena paparan langsung terhadap janin ibu hamil. Risiko membahayakan janin tergantung pada usia kehamilan dan jumlah paparan radiasi. Paparan radiasi dosis sangat tinggi pada awal kehamilan biasanya akan menyebabkan keguguran atau tidak berpengaruh pada bayi yang sedang berkembang. Paparan radiasi dosis tinggi antara minggu ke dua dan minggu ke delapan kehamilan meningkatkan risiko hambatan pertumbuhan janin atau cacat lahir, sementara pajanan setelah minggu ke delapan meningkatkan risiko bayi akan mengalami ketidakmampuan belajar dan intelektual.
 
Sebelum melakukan foto rontgen sebaiknya Anda mengkonsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk mempertimbangkan manfaat dan efek samping yang mungkin didapatkan.(PP/STE)
 

Referensi:

  1. American Pregnancy Association. 2017.  X-Ray During Pregnancy. [online] Available at: https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/x-rays-during-pregnancy/ (Accesed 18 April. 2019)
  2. Toppenberg K, Hill A, Miller D. Safety of Radiographic Imaging During Pregnancy. American Family Physician. [online] Available at: https://www.aafp.org/afp/1999/0401/p1813.html (Accesed 18 April 2019)
  3. Mayo Clinic. 2013. Is it safe to have an X-ray during pregnancy?. [online] BabyCentre. Available at: http://www.babycentre.co.uk/x536412/is-it-safe-to-have-an-x-ray-during-pregnancy [Accessed 18 April. 2019].