Amankah Mengkonsumsi Obat Herbal?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

262

Sebagian besar orang masih menggunakan obat tradisional atau yang lebih dikenal dengan “obat herbal”.  Tumbuhan herbal adalah tumbuhan atau tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional terhadap penyakit. Sejak zaman dahulu, tumbuhan herbal berkhasiat obat sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa. Obat herbal di Indonesia pada dasarnya dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu : (1) Jamu; (2) Obat herbal terstandar; dan (3) Fitofarmaka. Khasiat jamu sebagai obat herbal selama ini didasarkan pengalaman empirik yang telah berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama.

Sebagian besar bahan alami yang dijadikan obat herbal memang aman untuk dikonsumsi. Meski aman, obat herbal juga berpotensi menyebabkan efek samping baik ringan maupun serius pada tubuh. Berikut adalah tips agar kita aman mengkonsumsi obat herbal :

  • Pastikan obat herbal yang kita beli dan konsumsi telah terdaftar di BPOM RI.
  • Cek tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan obat herbal tersebut
  • Ikuti semua petunjuk pemakaian serta dosis yang tercantum dalam kemasan
  • Sebelum mengkonsumsi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Obat herbal tidak berarti aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Kelompok orang yang harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat herbal adalah :

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Sedang mengkonsumsi obat tertentu dari dokter
  • Memiliki penyakit tertentu
  • Orang yang akan menjalani operasi

Jadi sebelum mengkonsumsi obat herbal kita harus mengetahui dulu tujuan, manfaat serta keamanan dari obat terseut. Jangan mengkonsumsi karena direkomendasikan oleh teman atau orang lain. Jika memungkinkan berkonsultasilah pada dokter terlebih dahulu. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Mulyani H, Widyastuti SH, Ekowati VI. 2016. Tumbuhan herbal sebagai jamu pengobatan tradisional terhadap penyakit dalam serat primbon jampi jawi jilid I. Jurnal Penelitian Humaniora Vol. 21 No. 2.
  2. Panduan Mengkonsumsi Obat Herbal Yang Baik dan Aman. https://bugarfit.com/1281/panduan-mengkonsumsi-obat-herbal.html
  3. Hidayat MA. 2006. Obat herbal (herbal medicine) : apa yang perlu disampaikan pada mahasiswa farmmasi dan mahasoswa kedokteran ?. Jurnal Pengembangan Pendidikan Vol. 3 No. 1.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store