Amnesia, Bagaimana Mengobatinya?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

372

Amnesia merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kehilangan ingatan yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada bagian otak yang biasa digunakan untuk proses mengingat.  Seorang yang mengalami amnesia tidak bisa mengingat informasi, pengalaman, atau kejadian yang pernah dialaminya. Amnesia biasanya disebabkan cedera pada kepala yang terjadi karena kecelakaan, stroke, kejang, ensefalitis atau peradangan otak, tumor otak, Alzheimer, ketergantungan minuman keras dalam jangka waktu yang lama, konsumsi obat-obatan tertentu seperti benzodiazepine dan obat penenang, penurunan pasokan oksigen pada otak (anoxia), dan trauma psikologis misalnya pelecehan seksual.

Seorang yang menderita amnesia hanya kehilangan memori yang terkait dengan kejadian, sedangkan memori yang berisi skill dasar hidup tidak akan hilang, seperti berjalan dan berbicara menggunakan bahasa yang dikuasai. Dilihat dari gejalanya, amnesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Anterograde amnesia, merupakan suatu bentuk amnesia dimana penderita tidak dapat mengingat kejadian apapun yang baru terjadi walaupun kejadian itu baru saja terjadi. Gangguan ini dapat bersifat sementara atau permanen.
  2. Retrograde amnesiaadalah suatu bentuk ketidakmampuan dalam memunculkan kembali memori yang sudah terjadi atau ingatan masa lalu yang terjadi sebelum menderita

Pengobatan amnesia tergantung dari penyebabnya. Seseorang yang mengalami peristiwa traumatis harus mendapatkan terapi psikologis yang penuh dengan dengan kasih sayang baik dari keluarga, kerabat terdekat, serta dari tim dokter dan psikiater. Terapi tersebut tentunya berbeda dengan terapi untuk penderita amnesia akibat gegar otak dimana intervensi medisnya berupa manajemen di bidang bedah saraf dan fisioterapi. Jika alkoholisme adalah penyebabnya, maka penderita harus berhenti mengonsumsi alkohol, sementara dukungan emosional ddan kecukupan nutrisi akan membantu proses penyembuhan amnesia-nya.  (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://hellosehat.com/penyakit/amnesia/
  2. https://tipskesehatanlengkap.com/artikel-amnesia/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store