Anak Anda Harus Konsumsi Protein, Karena Ini Manfaat Protein Untuk Anak

250

Sebagai orang tua Anda pasti ingin memberikan yang terbaik salah satunya adalah memberikan asupan makanan yang baik. Dengan memberikan asupan makan yang baik bagi anak maka akan memberi manfaat kesehatan untuk anak seperti misalnya memperhatikan asupan protein anak. Ternyata protein memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak.

Berikut Manfaat Protein Untuk Anak:

Manfaat Untuk Otak

Anak-anak membutuhkan cukup banyak protein agar tetap berpikir jernih dan waspada. Asam amino dalam protein memperbaiki fungsi otak, menurut Institut Franklin. Tirosin, asam amino esensial, berperan penting dalam produksi neurotransmitter norepinefrin dan dopamin, yang membantu anak-anak tetap waspada dan berenergi. Sebaliknya, ketika anak-anak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat yang tidak mengandung protein, tingkat triptofan otak mereka meningkat dan menghasilkan serotonin, yang mungkin membuat mereka merasa lelah.

Mengendalikan Nafsu makan

Mengonsumsi makanan kaya protein membantu anak-anak tetap kenyang lebih lama, membuat mereka cenderung tidak merasa lapar di antara waktu makan, menurut periset dari University of Missouri. Dengan menggunakan pemindaian MRI, para peneliti membandingkan aktivitas otak remaja tepat sebelum waktu makan siang. Mereka yang telah makan sarapan rendah protein menunjukkan aktivitas yang lebih besar di daerah otak yang mengindikasikan lebih mudah kelaparan daripada remaja yang telah makan sarapan dengan protein tinggi.

Untuk Pertumbuhan

Setiap sel, otot dan organ dalam tubuh anak membutuhkan protein. Ketika anak-anak makan makanan kaya protein, tubuh mereka memecah protein menjadi asam amino yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berfungsi optimal. Daging, unggas, ikan, kacang-kacangan, tahu, telur, produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian semuanya dapat membantu anak Anda mendapatkan protein dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Pertimbangan Dalam Menyajikan Protein

Anda bisa memberikan 85 gram ayam, daging sapi, ikan atau kalkun menyediakan 20-25 gram protein, sementara telur menyediakan 7 gram dan 200 ml susu mengandung 8 gram protein. Terlalu banyak protein dalam makanan anak bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Jika anak Anda mengkonsumsi protein lebih banyak dari yang dia butuhkan, tubuhnya akan menyimpan kelebihan kalori sebagai lemak. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, anak-anak harus mengkonsumsi protein dalam jumlah yang disarankan setiap hari melalui diet seimbang dan bergizi.

Sumber: healthyeating.sfgate