Anak Anda Menelan Koin? Segera Ini Yang Harus Anda Lakukan

1272

Anak-anak belajar tentang dunia dengan menyentuh, merasakan dan menaruh benda apapun ke dalam mulut mereka. Menelan benda asing adalah cara mereka menjelajahi dunia. Salah satu insiden yang sering terjadi adalah menelan koin karena koin yang mudah didapat oleh bayi dan balita, selain itu logam yang bersinar dan berkilau menarik mata si kecil sehingga mereka tertarik untuk mengetahui benda apakah itu.

Menelan benda asing seperti kelereng, koin, mulut penuh pasir dan mainan yang berukuran kecil adalah masalah umum untuk orang tua dari balita. Seorang anak akan dengan senang hati menelan benda asing dan bahkan tidak khawatir tentang hal itu. Sedangkan sebagai orang tua hidup dalam ketakutan “Apa yang harus dilakukan sekarang?”

Gejala Balita menelan Koin

Jika koin tertelan masuk ke perut, ada kemungkinan besar bahwa benda tersebut akan melewati usus dan bisa dikeluarkan bersama dengan tinja. Namun, jika koin terjebak dalam perut, maka hal ini berisiko dan harus dianggap serius. Jika koin tertelan dan terjebak di kerongkongan, dapat menyebabkan gejala khas seperti:

  • Keluar air liur terus menerus dari mulut
  • Kesulitan dalam menelan apa pun
  • Muntah
  • Mengatakan nyeri di leher atau dada bila anak sudah bisa bicara

Jika koin terjebak dalam usus maka dapat menyebabkan berbagai gejala seperti adanya darah dalam tinja dimana tinja terlihat lebih gelap, bising usus yang tidak normal, mengatakan sakit perut dan muntah. Kadang-kadang koin bisa terjebak namun anak dapat terus menelan dan makan tanpa kesulitan apapun. Dalam situasi seperti ini, anak akan batuk terus menerus. Koin yang terjebak dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada jaringan esofagus, yang selanjutnya bisa menyebabkan ruptur esofagus, menyebabkan situasi yang berbahaya.

Berapa Lama Waktu Dari Tertelan Sampai Bisa Keluar Bersama Kotoran?

Sekarang Anda mungkin berada dalam keadaan panik, karena anak Anda telah menelan uang logam atau benda asing lainnya. 80 sampai 90% dari kasus, biasanya koin ini dapat keluar bersama kotoran karena berbentuk bulat dengan tepi yang lembut, dan akhirnya keluar bersama dengan tinja. Koin melewati sistem pencernaan dan dikeluarkan dalam waktu satu atau dua hari. Namun,Anda harus terus memperhatikan kondisi anak Anda. Hal ini dapat menjadi situasi darurat jika ada gejala yang disebutkan di bawah ini:

  • Anak Anda tidak dapat berbicara atau menangis, dan mengalami kesulitan bernapas
  • Dia meneteskan air liur dan tidak bisa menelan
  • Anak Anda batuk atau bernapas dengan keras
  • Dia kehilangan kesadaran

Apabila kondisi anak Anda terlihat baik sebaiknya jangan mencoba mengobati sendiri seperti memberikan obat pencahar. Bila Anda merasa takut sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak. Apabila tertelan koin jangan biarkan dalam waktu 4-5 hari.

Pertolongan Pertama Saat Balita Menelan Koin:

  • Pastikan, Anda memeriksa kotoran nya untuk dua sampai tiga hari. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan kotoran di lantai. Dengan melakukan ini, Anda akan yakin bahwa benda asing yang tertelan benar-benar keluar dan tidak perlu merasa khawatir lebih lanjut
  • Dalam jangka waktu mulai menelan koin maka perlu bagi orang tua untuk mengamati anak mereka dengan teliti.
  • Memberinya makan makanan yang lembut dan berserat. Pisang adalah pilihan yang baik ketika Anda ingin membuat benda asing bergerak lebih cepat dalam sistem pencernaan anak Anda
  • Pastikan anak Anda minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Penanganan Dari Tertelan Koin

Jika koin tidak keluar bahkan setelah mengikuti semua langkah yang disebutkan di atas dan tetap berada dalam tubuh selama lebih dari 48 jam, sekarang saatnya untuk pergi ke rumah sakit bahkan jika anak Anda tidak menunjukkan gejala gelisah. Kunjungi dokter Anda dan mencari bantuan medis. Dokter akan membantu menemukan posisi yang tepat dari koin dalam tubuh anak Anda dengan bantuan X-ray. Dokter bisa memberikan obat agar koin bisa cepat keluar dan dokter akan menyarankan operasi apabila ternyata benda asing yang tertelan bukan bentuk koin dan sesuatu yang tajam, yang dapat merusak atau melubangi saluran pencernaan anak Anda. Dokter mungkin akan menyarankan endoskopi.

%20Sumber:%20beingtheparent”>Menjaga Kesehatan Anak

Sumber: beingtheparent