Anda mempunyai benjolan belakang telinga? Jangan acuhkan!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

1512

Pernahkah tanpa sengaja Anda meraba belakang telinga Anda dan menemukan sebuah benjolan? Lantas, ketika Anda susuri ke arah leher Anda menemukan benjolan lain? Jangan diabaikan! Bisa saja Anda tengah terjangkit penyakit bernama Abses bezold.

Kita biasanya sring mendengar istilah ‘abses’ dengan sebutan nanah. Nanah yang terbentuk adalah hasil infeksi pada jaringan di sekitar leher dan belakang telinga Anda. Ciri khas dari abses ini akan terasa hangat dan nyeri bila disentuh. Organisme yang umumnya menyebabkan abses bezold adalah bakteri Streptococcus, Staphylococcus, spesies Enterococcus, Klebsiella, Pseudomonas, spesies Proteus, spesies Peptostreptococcus dan Fusobacterium.1 Abses ini juga bisa merupakan komplikasi yang terjadi akibat Otitis Media Akut atau Mastoiditis.

Gejala2

Tanda klinis awal yang penting dari abses bezold adalah bengkak di belakang telinga. Tanda-tanda klinis umum lainnya termasuk:

  1. Nyeri leher
  2. Pembengkakan di leher bagian samping
  3. Nyeri telinga
  4. Keluar cairan dari telinga
  5. Gangguan pendengaran

Kapan Anda Harus Menemui Dokter?

Segera setelah Anda menyadari adanya benjolan! Dokter Anda akan memberikan evaluasi lanjutan terhadap benjolan tersebut. Banyak penyebab benjolan di belakang telinga, absess bezold hanya salah satu diantara banyak penyebab lain. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Infeksi
  2. Mastoiditis
  3. Otitis media
  4. Perbesaran kelenjar
  5. Kista kelenjar minyak
  6. Jerawat
  7. Benjolan lemak

Bila diagnosa absess bezold ditegakkan, maka dokter akan memberikan Anda suntikan antibiotik. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi. Tak perlu khawatir, operasi yang dilakukan merupakan operasi kecil yang memiliki efek samping minimal.

Tujuan dari penanganan ini adalah untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dari absess. Abses leher harus dikeringkan atau dihilangkan secara menyeluruh. Antibiotik yang diberikan oleh dokter sebaiknya dikonsumsi sesuai anjuran dokter untuk mencegah perluasan lebih lanjut dari proses peradangan. Perlu diingat bahwa di sekitar leher terdapat banyak pembuluh darah besar yang memberi asupan darah pada otak dan seluruh tubuh yang akan menjadi akses bagi bakteri untuk bermigrasi hingga ke jantung dan otak, dan dapat menyebabkan kematian.

Segera jumpai dokter Anda atau berkonsultasilah melalui Pakdok apabila Anda mengalami keluhan ini. Penanganan sejak dini akan mencegah komplikasi. (TYA/STE/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Govea-Camacho LH, Pérez-Ramírez R, Cornejo-Suárez A, Fierro-Rizo R, Jiménez-Sala CJ, Rosales-Orozco CS. [Diagnosis and treatment of the complications of otitis media in adults. Case series and literature review]. Cir Cir. 2016 Sep-Oct;84(5):398-404.
  2. Lepore ML, Bhimji SS. Abscess, Bezold. [Updated 2018 Aug 15]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2018 Jan-. Available from: https://ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK436004/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store