ANDA SERING KERJA LAPANGAN? WASPADAI KANKER KULIT!

3

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum. Sesungguhnya sebagian besar kanker kulit tidak berhubungan dengan pekerjaan, namun Anda perlu tahu bahwa ada beberapa risiko pekerjaan yang diketahui dapat menyebabkan kanker kulit!Jadi jika Anda bekerja dalam bidang-bidang ini, maka perlu diperhatikan untuk selalu menjaga diri Anda, karena beberapa zat bisa masuk melalui kulit dan juga menyebabkan kanker di bagian lain tubuh.

Penyebab paling umum dari kanker kulit yang berhubungan dengan pekerjaan adalah:

  1. Sinar ultraviolet (terutama dari sinar matahari alami, penting bagi Anda yang sering bekerja di luar ruangan);
  2. Beberapa bahan kimia (seperti polisiklik aromatik hidrokarbon [PAH] dari tar batubara, dan minyak yang belum dimurnikan);
  3. Radiasi pengion (misalnya dari zat radioaktif dan sinar-X).

Anda Perlu Waspadai Tanda Ini…

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa dicurigai sebagai kanker kulit, misalnya bercak kulit yang bersisik, benjolan atau bercak merah, luka, tahi lalat yang barutumbuh saat dewasa, atau bercak kulit yang berdarah. Anda perlu waspadai juga, bahwa kanker kulit sering muncul pada area kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dada, lengan dan tangan, dan kaki pada wanita. Namun, selain area tersebut, bisa juga terbentuk pada area yang jarang terkena cahaya matahari, seperti telapak tangan, di bawah kuku atau kuku itu sendiri, dan area genital Anda.Wah, bisa dimana saja ya!

Jika Anda pernah mendengar bahwa kanker kulit hanya terjadi pada bule atau orang-orang yang berkulit putih, maka sekarang Anda harus memahami bahwa kanker kulit bisa terjadi pada orang-orang dari semua warna kulit, termasuk Anda yang memiliki kulit gelap. Bahkan, biasanya pada orang-orang dengan kulit gelap, jenis kanker kulit yang sering terjadi, justru ditemui pada are yang biasanya tidak terkena sinar matahari seperti telapak tangan dan telapak kaki.

Apakah Kanker Kulit Bisa Dicegah?

Jika pertanyaan Anda juga bertanya pertanyaan serupa, Anda bisa bernapas lega, karena sebagian besar kanker kulit dapat dicegah. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah kanker kulit:

a. Hindari sinar matahari di siang hari.

Tubuh Anda tentunya dapat menyerap radiasi UV, dan awan hanya melindungi sedikit dari radiasi ini. Waspadai sinar matahari terutama pada jam 10-16 sore.Cara paling utama adalah menghindari paparan sinar matahari itu sendiri. Semakin sering Anda terpapar sinar matahari, semakin tinggi risiko Anda.

b. Pakailah tabir surya atau sunblock.

Tabir surya sebenarnya tidak membloksemua radiasi UV yang berbahaya, tetapi tabir surya punya peranan utama untuk memberikan perlindungan matahari secara keseluruhan. Pakailah tabir surya dengan spektrum luas yaitu dengan SPF minimal 30, termasuk saat langit terlihat mendung!Pakai tabir surya setiap dua jam jika Anda berenang atau mudah berkeringat. Oleskan tabir surya lebih banyak pada kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk bibir, ujung telinga, punggung tangan dan leher Anda.

c. Jangan lupa kacamata hitam.

Cari kacamata yang dapat memblokir kedua jenis radiasi UV yaitu UVA dan UVB.

d. Waspadai obat yang peka terhadap sinar matahari.

Tahukah Anda bahwa beberapa resep umum dan obat bebas, termasuk antibiotik, dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari? Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang efek samping dari obat yang Anda minum. Jika obat Anda dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, lakukan tindakan pencegahan ekstra agar tidak terkena sinar matahari untuk perlindungan ekstra bagi kulit Anda.

e. Periksa kulit Anda secara teratur dan laporkan perubahan ke dokter Anda.

Hal ini penting terutama bagi Anda yang bekerja di lapangan. Periksa kulit Anda untuk memonitor pertumbuhan kulit baru atau perubahan pada tahi lalat, bintik-bintik, benjolan dan tanda lahir yang ada sebelumnya. Anda bisa menggunakan bantuan cermin, lalu periksa wajah, leher, telinga, dan kulit kepala Anda. Periksa dada Anda, serta bagian atas dan bawah dari lengan dan tangan Anda. Periksa juga bagian depan dan belakang kaki Anda, termasuk telapak dan ruang di antara jari-jari kaki Anda. Terakhir, jangan lupa juga periksa area genital Anda!(TYA)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Health and Safety Executive. Skin cancer, dapat diakses melalui http://www.hse.gov.uk/skin/employ/cancer.htm
  2. Mayo Clinic. Skin cancer, dapat diakses melalui https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/skin-cancer/symptoms-causes/syc-20377605