Antiaging Alami Untuk Kecantikan Kulit

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

114

Begitu memasuki usia dewasa, Anda lebih rentan terserang berbagai gangguan kesehatan karena proses penuaan. Untuk mencegah berbagai penyakit atau masalah kesehatan di usia tua, Anda bisa mulai menjalani gaya hidup dan pola makan yang seimbang. Beberapa jenis bahan pangan tertentu memiliki khasiat antiaging yang bisa membuat proses penuaan lebih sehat dan alami. Bahkan bila diterapkan secara baik, penuaan akan dapat diperlambat.

Pola makan sehat tidak hanya perlu dilakukan saat kamu ingin diet menurunkan berat badan, tapi juga berlaku saat kamu ingin memiliki tubuh sehat, cantik dan awet muda bahkan jika usia bertambah dan kamu tak lagi muda. Pilih makanan-makanan yang punya manfaat antiaging sehingga bisa tetap mempertahankan kulit sehat cantik kencang alami.

Alam telah menyediakan berbagai bahan pangan yang mampu merawat keremajaan tubuh. Sebaiknya Anda yang sudah menginjak usia 30-an mulai memerhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi demi proses penuaan sehat dan alami. Ini beberapa makanan yang punya fungsi antiaging untuk tubuhmu.

1.  Alpukat

Buah yang lezat ini ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol Anda. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput.

2. Delima merah (pomegranate)

Polifenol yang terdapat dalam buah ini mampu melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sementara itu, senyawa pulicanagin akan membantu tubuh menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

3. Blueberry, raspberry, blackberry

Selain rasanya nikmat, buah-buahan ini juga bisa membantu meremajakan tubuh karena tingginya kandungan antioksidan. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang Anda lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

4. Jamur

Jamur kaya akan berbagai mineral seperti kalium dan selenium yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, terutama pada saraf otak Anda. Selain itu, jamur juga berfungsi sebagai antikanker berkat kemampuannya membunuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

5. Dark chocolate

Cokelat gelap kaya flavonol, antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyerap radiasi UV serta bisa meningkatkan peredaran darah. Antioksidan dalam cokelat bisa melindungi kulit dan merangsang pelepasan hormon antistres.

6. Semangka

Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi dalam semangka menjadikan buah ini efektif untuk mencegah kulit keriput.

7. Nanas

Buah ini membantu mengaktifkan enzim prolidase yang membantu agar asam amino diubah menjadi kolagen, yang mana sangat penting perannya dalam membuat kulit kencang dan elastis.

8. Yogurt

Tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tapi juga kulit dari dalam. Kandungan kalsium dan proteinnya dibutuhkan tubuh untuk menjaga metabolisme dan menjaga sel-sel tubuh tetap muda.

9. Kunyit

Jadikan kunyit sebagai jus yang bisa dicampur dengan madu murni. Kunyit punya kemampuan menyembuhkan dan menjaga sel awet muda. Melawan radikal bebas, mengganti sel mati dengan yang baru dan menjaga agar telomer DNA tidak memendek. Karena telomer DNA yang pendek adalah tanda penyakit dan umur pendek.

10.  Tomat

Buah tomat membantu menjaga kulit dari kusam dan dehidrasi. Kandungan lycopene-nya sangat dibutuhkan untuk kulit sehat dan regenerasi sel-sel kulit baru.

11. Wortel

Sayur kaya vitamin A dan C ini membantu meregenerasi sel kulit dan mencegah rusaknya kolagen. Bahkan rajin mengonsumsinya juga bisa mencegah kanker.

12. Air putih

Air putih tidak hanya berlaku sebagai minuman detoks tubuh yang membantu membuang racun dan sampah sehingga tubuh tidak gampang sakit, tapi juga menjaga kulit tetap kencang, sehat, dan segar alami.

Nah, itu dia sekian makanan yang punya fungsi antiaging untuk wanita. Memilih makanan seiring bertambahnya usia itu penting, apalagi jika kamu ingin memiliki kulit awet muda. (EM)

Sumber:

  1. https://vemale.com/kesehatan/111317-10-makanan-anti-aging-untuk-wanita-agar-cantik-awet-muda.html
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/makanan-anti-aging/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store