Apa Arti Pembagian Stadium Pada Kanker Kolorektal?

328

Karena pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker dapat berbeda-beda, tergantung pada stadium dan keadaan kesehatan penderita secara keseluruhan, maka sangat penting mengetahui apa sebenarnya arti pembagian stadium pada kanker. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pembagian stadium pada kanker kolorektal, yang merupakan salah satu jenis kanker usus besar.

Pembagian kanker sendiri sebenarnya memiliki 2 kategori, yaitu berdasarkan stadium atau berdasarkan TNM. Di bawah ini Anda dapat melihat pembagian kanker kolorektal berdasarkan keduanya.

 

Stadium 0

Stadium 0 atau yang juga dikenal sebagai karsinoma in situ atau karsinoma intramukosal merupakan tahap paling awal dari kanker kolorektal. Pada stadium 0, sel kanker belum tumbuh keluar dari permukaan dalam usus besar atau rektum.

Bila menggunakan kriteria TNM, maka stadium 0 adalah:

  • Tis: Sel kanker belum menyebar ke luar dinding usus besar atau rektum
  • N0: Sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ atau bagian tubuh lain

 

Stadium I

Pada stadium I, sel kanker telah menyebar ke bagian mukosa muskularis dan ke dalam submukosa atau bisa juga telah tumbuh ke dalam muskularis propria. Akan tetapi, sel kanker belum menyebar ke pembuluh darah getah bening di sekitar usus besar atau ke organ lain.

Bila menggunakan kriteria TNM, maka stadium I adalah:

  • T1-T2: Disebut T1 bila sel kanker telah menyebar ke dalam mukosa muskularis dan ke dalam submukosa. Disebut T2 bila sel kanker telah menyebar hingga ke dalam muskularis propria
  • N0: Sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ atau bagian tubuh lain

 

Stadium II

Stadium II kanker kolorektal terbagi menjadi 3 sub-kategori, yaitu IIA, IIB, dan IIC. Perbedaan di antara ketiga sub-kategori ini adalah seberapa jauh sel kanker telah menyebar.

Disebut stadium IIA (T3, N0, M0) bila sel kanker telah menyebar hingga ke bagian terluar dari usus besar atau rektum, tetapi belum mengenai seluruh lapisan terluar atau belum melewati bagian terluar tersebut. Sel kanker juga belum menyebar ke organ tubuh lain atau kelenjar getah bening di sekitarnya dan belum menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh.

Disebut stadium IIB (T4a, N0, M0) bila sel kanker telah menyebar hingga ke seluruh lapisan usus besar atau rektum, tetapi belum menyebar ke orang lain atau jaringan lain di sekitar usus besar.

Disebut stadium IIC (T4b, N0, M0) bila sel kanker telah menyebar ke seluruh lapisan usus besar atau rektum dan telah menyebar ke organ atau jaringan di sekitar usus besar. Akan tetapi, sel kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lain yang jauh.

 

Baca juga: Berbagai Gejala Kanker Usus Besar yang Perlu Diwaspadai

 

Stadium III

Kanker kolorektal stadium III juga terbagi menjadi 3 kategori, yaitu IIIA, IIIB, dan IIIC. Perbedaan di antara ketiganya adalah seberapa jauh sel kanker telah menyebar dan berapa banyak kelenjar getah bening yang telah terkena.

Disebut stadium IIIA bila sel kanker telah menyebar ke dalam submukosa dan atau muskularis propria dan juga telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di sekitar tumor primer, tetapi belum menyebar jauh.

Disebut stadium IIIB bila sel kanker telah menyebar hingga ke bagian terluar usus besar atau rektum, tetapi belum mengenai organ sekitarnya atau bila sel kanker telah menyebar keluar dari usus besar atau rektum dan telah mengenai orang atau jaringan di sekitar usus besar. Selain itu, sel kanker juga telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di sekitar tumor primer, tetapi belum menyebar jauh.

Disebut stadium IIIC bila sel kanker telah atau belum menyebar ke seluruh dinding usus besar atau rektum, tetapi juga telah menyebar ke 4 atau lebih kelenjar getah bening di sekitar tumor primer. Namun, sel kanker belum menyebar jauh.

Bila menggunakan kriteria TNM, maka stadium IIIA adalah:

  • T1-T2: Sel kanker telah menyebar hingga ke dalam submukosa (T1) atau bila sel kanker telah menyebar hingga ke dalam muskularis propria (T2)
  • N1a-N1b: Sel kanker telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di sekitar usus besar. N1a berarti 1 kelenjar getah bening, sementara N1b berarti 2-3 kelenjar getah bening.
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Atau

  • T1: Sel kanker telah menyebar ke dalam submukosa
  • N2a: Sel kanker telah menyebar ke 4-6 kelenjar getah bening
  • M0: Sel kanker belum menyebar jauh

Bila menggunakan kriteria TNM, maka stadium IIIB adalah:

  • T3-T4a: Sel kanker telah menyebar hingga ke dalam muskularis propria dan ke lapisan terluar dari usus besar atau rektum tetapi belum keluar atau belum mengenai seluruh lapisan terluar (T3). Atau sel kanker telah menyebar hingga ke peritoneum visceral/lapisan terluar dari usus (T4a)
  • N1a-N1b: Sel kanker telah menyebar ke 1-3 kelenjar getah bening di sekitar usus besar. N1a berarti 1 kelenjar getah bening, sedangkan N1b berarti 2-3 kelenjar getah bening
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Atau

  • T2-T3: Sel kanker telah menyebar ke submukosa (T2) atau kanker telah menyebar ke dalam muskularis propria dan lapisan terluar dari usus besar atau rektum, tetapi belum melewati lapisan terluar dari usus besar (T3)
  • N2a: Sel kanker telah menyebar ke 4-6 kelenjar getah bening di sekitar usus besar
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Atau

  • T1-T2: Sel kanker telah menyebar hingga ke dalam submukosa (T1) atau sel kanker telah menyebar hingga ke dalam muskularis propria (T2)
  • N2b: Sel kanker telah menyebar ke lebih dari 7 kelenjar getah bening di sekitar usus besar
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Bila menggunakan kriteria TNM, maka stadium IIIC adalah:

  • T4a: Sel kanker telah menyebar hingga ke peritoneum visceral, lapisan terluar dari usus
  • N2a: Sel kanker telah menyebar ke 4-6 kelenjar getah bening di sekitar usus besar
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Atau

  • T3-T4a: Sel kanker telah menyebar hingga ke muskularis propria dan lapisan terluar dari usus besar atau rektum, tetapi belum melewatinya (T3) atau sel kanker telah menyebar hingga ke peritoneum visceral (T4a)
  • N2b: Sel kanker telah menyebar ke lebih dari 7 kelenjar getah bening di sekitar usus besar
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

Atau

  • T4b: Sel kanker telah menyebar hingga ke seluruh dinding usus besar atau rektum dan telah menyebar ke jaringan atau organ di sekitar usus besar
  • N1-N2: Sel kanker telah menyebar ke setidaknya 1 kelenjar getah bening, tetapi tidak lebih dari 6 kelenjar getah bening
  • M0: Sel kanker belum menyebar ke organ jauh

 

Stadium IV

Stadium IV merupakan stadium akhir kanker kolorektal. Jika Anda didiagnosa menderita kanker kolorektal stadium IV, maka hal ini berarti bahwa sel kanker telah menyebar (metastasis) ke organ jauh, misalnya ke hati atau paru-paru.

Sel kanker mungkin telah atau belum menyebar ke dinding usus besar atau rektum dan mungkin juga telah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar usus besar.

Kanker kolorektal stadium IV dibagi menjadi 2 kategori, tergantung pada apakah metastasis telah mengenai lebih dari 1 organ. Tumor primernya dapat berukuran berapa pun dan dapat telah atau belum menyebar ke kelenjar getah bening, tetapi bila sel kanker telah menyebar ke satu organ tubuh lainnya, maka disebut kanker kolorektal stadium IVA, bila sel kanker telah menyebar ke lebih dari 1 organ jauh, maka disebut dengan stadium IVB.

Kanker kolorektal stadium IV memiliki kategori T atau N yang sama dengan stadium lainnya. Perbedaannya hanya terdapat pada kategori M, yaitu M1 atau M2. Disebut M1a bila sel kanker telah menyebar ke satu organ jauh, sementara M1b berarti sel kanker telah menyebar ke lebih dari 1 organ jauh.

 

Sumber: cancercenter