Apa Benar Detoks Bermanfaat Bagi Kesehatan???

134

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah detoks bukan? Sebenarnya terdapat bermacam-macam metode detoks, mulai dari mengkonsumsi jus buah, diet super ketat, atau mengkonsumsi teh.

Sejumlah orang mengatakan bahwa melakukan detoks dapat membantu menurunkan berat badan dan membuang berbagai zat racun dari dalam tubuh. Sementara itu, sejumlah orang lainnya justru mengatakan bahwa detoks merupakan hal yang sangat buruk bagi kesehatan seseorang. Jadi, mana yang benar? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa fakta mengenai detoks berdasarkan pendapat seorang ahli gizi.

Suatu gagasan yang menyatakan bahwa dengan memakan atau meminum sesuatu selama 1 hari atau sepanjang minggu, maka semua racun di dalam tubuh Anda pun akan langsung keluar sehingga Anda pun menjadi lebih sehat, mungkin akan membuat Anda tergoda. Akan tetapi, sayangnya, pernyataan tersebut adalah sebuah kebohongan!

Memang benar pasti ada berbagai zat racun di dalam tubuh Anda, akan tetapi Anda tidak dapat mengeluarkannya dari dalam tubuh Anda hanya dengan mengkonsumsi suatu jenis makanan tertentu.

Tubuh Anda akan “menyerap” berbagai zat racun dari polusi, pestisida, pengawet makanan, dan berbagai jenis zat kimia yang terdapat di dalam berbagai produk kebersihan dan kecantikan yang Anda gunakan.

Untuk mengeluarkan berbagai zat racun tersebut dari dalamnya, tubuh Anda sebenarnya telah mempunyai cara yang lebih efektif daripada jus buah atau teh yang Anda konsumsi.

Tubuh manusia telah dilengkapi dengan berbagai mekanisme untuk mengeluarkan berbagai zat racun dari dalam tubuh dengan efektif. Jadi Anda sebenarnya tidak perlu melakukan apapun untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, karena tubuh Anda telah melakukan proses detoks secara teratur setiap harinya.

Tugas detoksifikasi ini merupakan tanggung jawab dari saluran pencernaan, hati, dan ginjal Anda. Ginjal dan hati Anda akan memfilter apa yang Anda konsumsi dan membuang zat sisa yang tidak berguna melalui buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB).

Jadi, apapun yang Anda makan, minum, dan bahkan hirup akan melalui proses penyaringan terlebih dahulu di dalam tubuh Anda, di mana tubuh akan mengeluarkan berbagai zat tak berguna yang ikut masuk.

Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fungsi detoksifikasi di dalam tubuh Anda tersebut dan tentu saja bukan berbagai metode detoks yang pernah Anda dengar.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah cari tahu apa saja zat kimia yang terkandung di dalam berbagai produk kebersihan dan kosmetik yang Anda gunakan serta konsumsilah berbagai jenis makanan organik.

Untuk makanan, tidak ada salahnya bila Anda mengurangi jumlah minuman beralkohol dan gula yang Anda konsumsi. Selain itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan Anda sehingga Anda pun terhindar dari sembelit.

Akan tetapi, hal terpenting untuk menjaga kesehatan Anda adalah dengan mengkonsumsi diet sehat dan seimbang. Konsumsilah berbagai jenis buah dan sayuran karena keduanya mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk menjalankan proses detoksifikasinya sendiri.

Sumber: womenshealthmag