Apa Benar Susu Kacang Almond Katanya Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin?

297

Saat hamil, maka seorang ibu hamil akan berusaha untuk makan makanan atau minuman yang dikatakan baik bagi janin. Semua dilakukan demi kesehatan janin, salah satu minuman yang dikatakan baik untuk perkembangan janin adalah susu kacang almond. Kemudian apakah benar susu kacang almond baik untuk ibu hamil dan janin?

Berikut Adalah Manfaat Susu Kacang Almond Selama Kehamilan:

Vitamin: Susu almond adalah alternatif yang sehat dari susu sapi karena mengandung sejumlah vitamin penting, termasuk vitamin A, B12, E dan D. Selain menjaga Anda dan bayi tumbuh sehat, kandungan beberapa vitamin terutama vitamin E, juga membantu menjaga kulit Anda bersinar dan sehat, dengan mencegah jerawat dan kulit gelap.

Antioksidan: Saat plasenta berkembang, wanita hamil dipengaruhi oleh stres oksidatif. Susu almond yang kaya akan antioksidan dapat mengurangi efek stres oksidatif.

Kalsium: Tulang Anda membutuhkan dukungan ekstra selama kehamilan. Susu almond kaya akan kalsium yang menjamin tulang Anda dan bayi tetap sehat dan kuat. Kalsium juga membantu dalam menjaga tekanan darah Anda, tekanan darah tinggi selama kehamilan memiliki beberapa efek buruk pada wanita hamil dan bayi yang dikandungnya.

Omega-3 asam lemak: Asam lemak omega-3 dalam susu almond menjaga hati wanita hamil tetap sehat dan kuat

Rendah gula: Diabetes gestational adalah masalah umum yang sering terjadi selama kehamilan. Untuk menghindari atau mengontrolnya, kebanyakan dokter menyarankan ibu hamil untuk mengontrol kadar gula darah. Gula dalam susu kacang almond dianggap sebagai “gula baik” dan dikenal tidak berdampak atau menyebabkan diabetes gestasional pada ibu hamil

Pro-vegan: Jika Anda vegetarian, maka Anda tidak bisa minum susu sapi. Susu kacang almond, adalah pilihan yang sangat baik bagi Anda karena tidak memiliki produk sampingan hewan dan bergizi seperti susu sapi

Lebih tahan lama: Terlepas dari semua ini, ada manfaat tambahan dari susu kacang almond lebih mudah dalam penyimpanan dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini karena susu kacang almond tidak memerlukan pendinginan dan tahan lama. Jadi jika Anda bepergian jarak jauh saat hamil, Anda dapat dengan mudah membawa susu kacang almond dengan Anda

Efek Samping Minum Susu Kacang Almond Selama Kehamilan

Meski efek yang ditimbulkan sedikit namun ada baiknya Anda mengetahuinya juga

Reaksi alergi: Meski jarang, tapi pada beberapa orang bisa mengalami alergi, yaitu alergi terhadap kacang. Jadi bila Anda memiliki riwayat alergi ada baiknya berhati-hati saat minum sus kacang almond. Minum dahulu sedikit dan lihat reaksinya. Bila tidak mengalami alergi maka Anda bisa terus meminumnya.

Rendah kalori: Susu kacang almond memiliki lemak dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Sehingga cocok diminum untuk Anda yang sedang berdiet. Namun, bila Anda sedang hamil, tubuh Anda membutuhkan lemak baik dan diet tinggi kalori. Jadi bila Anda minum susu kacang almond Anda tetap membutuhkan sumber lemak dan kalori yang lain.

GOITROGEN:  Kacang Almond dikenal dapat menekan fungsi kelenjar tiroid meski efeknya minimal namun bila Anda sudah memiliki disfungsi tiroid, maka susu kacang almond akan memperburuk situasi Anda. Namun bila Anda tidak memiliki masalah tiroid maka tidak akan menjadi masalah.

Menantikan seorang bayi adalah waktu yang membahagiakan untuk setiap pasangan serta seluruh keluarga. Tetapi pada saat hamil adalah saat ketika Anda harus sangat berhati-hati tentang apa yang Anda makan dan Anda minum. Tubuh Anda, metabolisme dan hormon Anda – semuanya berubah selama periode ini. Jadi, jika Anda ragu, yang terbaik adalah untuk menghindari makanan tersebut. Namun, manfaat susu kacang almond lebih besar daripada efek samping jadi tidak menjadi masalah bila Anda ingin meminumnya. Juga pastikan Anda tidak mengalami alergi dan bisa berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsi susu kacang almond.

Sumber: beingtheparent