Apa Dampak Kurang Tidur Pada Tubuh Anda?

395

Kurang tidur merupakan hal yang umum terjadi pada orang di seluruh dunia. Akan tetapi, apakah Anda yakin kurang tidur tidak akan mengganggu kesehatan Anda sama sekali? Kurang tidur tidak hanya akan membuat Anda mengantuk dan merasa lelah di keesokan harinya, tetapi juga memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kurang tidur dapat terjadi kapan saja dan derajat keparahannya pun dapat bervariasi, mulai dari kurang tidur akut hingga kurang tidur kronik. Karena lama waktu tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, maka bila seseorang yang membutuhkan waktu tidur selama 9 jam, maka saat ia hanya tidur selama 8 jam, ia pun mengalami kurang tidur.

Untungnya adalah sebagian besar efek samping kurang tidur pada tubuh manusia bersifat ringan. Obatnya pun cukup sederhana yaitu cukup tidur. Akan tetapi, bila Anda terus kurang tidur dalam waktu yang lama, maka Anda mungkin akan mengalami beberapa gangguan fisik seperti yang disebutkan di bawah ini.

 

Dampak Kurang Tidur Pada Fungsi Neurologis

Kurang tidur memiliki efek yang sama seperti saat Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti bicara tidak jelas, gerakan mata yang tidak terkendali (nistagmus), gemetar ringan pada tangan, kelopak mata tampak turun, dan perubahan refleks neurologis.

Selain itu, Anda mungkin akan mengalami penurunan ambang kejang, yang berarti Anda lebih mudah mengalami kejang. Hal ini dapat berbahaya bagi seorang penderita epilepsi yang kurang tidur.

Kurang tidur juga dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa sensitivitas seseorang terhadap panas dan nyeri tekan akan meningkat saat ia kurang tidur.

 

Dampak Kurang Tidur Pada Fungsi Vital Tubuh

Berbagai penelitian juga telah menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan sedikit perubahan pada tanda-tanda vital tubuh Anda. Tanda-tanda vital tubuh ini sangat penting karena sering digunakan untuk mengetahui bagaimana keadaan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tanda-tanda vital yang dimaksud adalah suhu tubuh, tekanan darah, denyut jantung, dan laju pernapasan. Kurang tidur dapat membuat suhu tubuh Anda menurun.

 

 

 

Dampak Kurang Tidur Pada Keseimbangan Kadar Hormonal di Dalam Tubuh

Kurang tidur memiliki efek yang cukup signifikan pada pengeluaran hormon dari kelenjar endokrin, terutama hormon yang dipengaruhi oleh irama sirkardian. Anak-anak yang kurang tidur dapat mengalami gangguan tidur. Hal ini dikarenakan hormon pertumbuhan dikeluarkan saat tidur. Jadi, bila tidur anak terganggu, maka jumlah hormon pertumbuhan yang dikeluarkan pun akan terganggu. Akibatnya, anak pun tidak dapat bertumbuh dengan maksimal, yang akan membuat tinggi badannya lebih pendek daripada seharusnya.

Kurang tidur juga akan mempengaruhi aktivitas kelenjar tiroid. Para ahli menduga hal ini dikarenakan orang yang terbangun lebih lama membutuhkan lebih banyak energi, yang berarti kelenjar tiroidnya pun harus bekerja lebih keras.

Walaupun demikian, ada beberapa jenis hormon yang tidak dipengaruhi oleh seberapa lama waktu tidur Anda seperti hormon kortisol, adrenalin, katekolamin, LH, FSH, testosteron, dan progesterone.

 

Kurang Tidur dan Kematian

Pada akhirnya, hal yang paling mengkhawatirkan dari kurang tidur adalah dampaknya pada kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tidak hanya meningkatkan resiko terjadinya berbagai jenis penyakit, kurang tidur juga dapat menyebabkan terjadinya kematian lho! (pada situasi ekstrim).

Kurang tidur dalam waktu lama (kronik) juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda, yang dapat memicu terjadinya gangguan toleransi glukosa (salah satu faktor resiko terjadinya diabetes) dan peningkatan berat badan. Selain itu, kurang tidur tampaknya juga dapat mengganggu fungsi daya tahan tubuh seseorang, yang akan membuatnya lebih mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari sangatlah penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

.

 

Sumber: about