APA ITU OBAT PROFILAKSIS?

72

Istilah profilaksis memiliki arti yaitu pencegahan, atau untuk mencegah. pengobatan profilaksis sering digunakan dalam pelayanan kesehatan untuk meminimalkan penyakit.

Profilaksis dalam Pelayanan Kesehatan

Dalam kedokteran, istilah profilaksis digunakan untuk menggambarkan operasi, pembersihan gigi, vaksin, pengendalian kelahiran dan banyak jenis prosedur dan perawatan lain yang mencegah sesuatu terjadi. Profilaksis vaksin hepatitis digunakan untuk mencegah pasien terkena hepatitis, sementara profilaksis pembersihan gigi digunakan untuk mencegah kerusakan gigi.

Profilaksis adalah hal yang baik dalam pelayanaa kesehatan, karena digunakan untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan dengan menangani masalah potensial sebelum benar-benar menjadi masalah. Pencegahan bahaya atau penyakit seringkali jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah dan tidak begitu menyakitkan daripada mengobati penyakit ketika dibiarkan terjadi.

Jenis Profilaksis

Secara umum, profilaksis tidak hanya berarti mencegah penyakit, tetapi juga dapat berarti mencegah memburuknya penyakit, meminimalkan keparahan penyakit dan mencegah pengobatan yang berlebihan.

  1. Profilaksis Utama: mencegah atau meningkatkan resistensi terhadap penyakit yang belum terjadi. Ini mungkin termasuk pemeriksaan medis rutin dan vaksinasi. Pap smear, skrining kolonoskopi dan mammogram sering dilakukan sebagai profilaksis primer ketika pasien sehat dan tidak ada tanda-tanda penyakit. Setelah diketahui ada penyakit, skrining tidak lagi dianggap sebagai profilaksis primer.
  • Profilaksis Sekunder: tindakan yang diambil untuk mencegah terulangnya masalah medis atau cedera yang telah terjadi, seperti mengubah lingkungan kerja untuk mencegah cedera kembali atau menggunakan statin untuk mencegah serangan jantung berulang.
  • Profilaksis Tersier: tindakan yang diambil untuk mengurangi dampak dari penyakit kronis atau cedera yang berkelanjutan yang kemungkinan menghasilkan efek jangka panjang, seperti program rehabilitasi stroke atau program manajemen penyakit untuk gagal jantung.
  • Profilaksis Kuarter: dimaksudkan untuk mencegah pengobatan medis yang berlebihan dan juga untuk mencegah pasien tidak mendapat manfaat dari pengobatan medis lebih lanjut. Sebagai contoh, jika seorang pasien tidak menanggapi kemoterapi putaran pertama, tidak ada alasan logis untuk melakukan kemoterapi putaran kedua dengan obat yang sama.

Profilaksis dalam Penggunaan Umum

Dalam percakapan umum, istilah profilaksis sinonim dengankondom, karena dianggap sebagai pencegahan untuk kehamilan yang tidak diinginkan.

Antibiotik profilaksis

Istilah “antibiotik profilaksis” mengacu pada antibiotik yang diberikan untuk mencegah infeksi daripada mengobati infeksi. Antibiotik profilaksis sebaiknya juga dihindari sedapat mungkin dalam pengobatan kesehatan, karena terlalu sering menggunakan antibiotik telah menyebabkan resistensi antibiotik, dan tidak memberikan manfaat kepada pasien.

Penggunaan antibiotik profilaksis dimungkinkan jika dianggap tepat sebelum operasi atau ketika pasien cukup sakit untuk menjamin penggunaan antibiotik sebelum kultur darah atau hasil laboratorium lainnya mengkonfirmasi adanya infeksi. Dalam hal ini, manfaat potensialnya lebih besar daripada risiko bahaya, dan dokter memilih untuk menggunakan antibiotik.

Contoh: dalam prosedur gigi, yang membawa risiko spesifik penyebaran infeksi ke jantung, khususnya individu yang memiliki masalah jantung serius. Olehnya, sebelum menjalani prosedur gigi, orang yang memiliki riwayat endokarditis infektif, infeksi jantung yang serius, harus mendapatkan antibiotik.

Hal yang sama berlaku untuk individu yang menjalani transplantasi jantung dengan masalah katup, orang yang mengganti katup jantungnya dan jenis cacat jantung tertentu yang ada saat lahir. (LM)

Referensi

What You Should Know: Prophylaxis and Prophylactic Health Treatments. (2019). Retrieved from https://www.verywellhealth.com/what-is-the-meaning-of-prophyl actic-3157145