Apa Iya Aktif Di Media Sosial Bisa Buat Depresi?

144

Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang mengalami depresi. Seperti pola kehidupan yang tidak sehat, seperti pola tidur yang tidak baik. Selain itu dikatakan juga ada hal yang dapat membuat seseorang mengalami depresi yaitu terlalu aktif di media sosial.

  • Gangguan interaksi sosial

Saat seseorang terlalu aktif di media sosial biasanya akan menyebabkan kecanduan yang mempengaruhi interaksi sosial dengan orang lain. Kebiasaan bergaul secara tidak langsung dapat mengganggu interaksi sosial. Padahal pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.

  • Tidur menjadi tidak teratur

Kebiasaan terlalu aktif di media sosial seringkali dapat mengganggu pola tidur seseorang.
Kurang tidur, tidur tidak teratur, dan terlalu banyak tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Hal ini disebabkan oleh aktivitas otak terganggu karena kebiasaan tidur yang tidak teratur.

  • Gangguan psikologis

Media sosial seringkali menjadi ajang ‘pamer’. Banyak orang memamerkan apa yang dimilikinya. Seperri baru membeli baju baru, mobil baru atau baru memiliki pasangan baru. Untuk orang yang mungkin terobsesi dengan hal-hal tersebut, maka akan mencoba melakukan hal lain agar terlihat lebih hebat. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan masalah psikologis seperti rasa cemas, rendah diri, temperamen, stress dan depresi.

Meskipun Anda bisa mendapatkan banya manfaat dari media sosial, namun harus Anda perhatikan hal-hal penting diatas jangan sampai justru Anda menjadi depresi.

Sumber: kawankumagz