Apa Saja Makanan Yang Penting Untuk Ibu Hamil?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

499

Memilih makanan untuk ibu hamil memang susah-susah gampang karena nutrisinya harus cukup bukan hanya untuk ibu tetapi juga untuk sang janin. Masa kehamilan adalah masa penting untuk pertumbuhan optimal janin dan persiapan persalinan terutama dalam 1000 hari periode emas. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi saat hamil harus benar-benar diperhatikan. Sayangnya asupan untuk ibu hamil ini sering terganjal berbagai masalah salah satunya adalah rasa mual muntah yang kerap dialami.

Ibu hamil yang kurang gizi berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak, perkembangan intelektual serta produktivitas di kemudian hari. Agar hal ini tidak terjadi, wanita hamil wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi seperti asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu selama hamil:

  1. Sumber Asam folat: Roti gandum, alpukat, kacang almond, bayam, telur, pisang. Asam folat dapat membantu pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan mencegah terjadinya cacat otak pada janin
  2. Sumber Vitamin D: Keju, tuna, salmon, jamur, dan susu. Selain dari asupan makanan vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi hari. Vitamin D berfungsi menjaga kesehatan janin dan membantu penyerapan kalsium yang akan dikonsumsi.
  3. Sumber Zat Besi: Buah tomat, kentang, bayam, kacang merah, dan daging merah. Selain dari makanan, untuk memenuhi kebutuhan zat besi, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi tablet penambah darah setiap hari, minimal 90 tablet selama kehamilan. Zat besi untuk kehamilan berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia dan proses persalinan prematur.
  4. Sumber Kalsium: Kedelai, brokoli, susu, yogurt, keju. Tak hanya menguatkan tulang dan gigi Anda, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium membantu tubuh mengatur cairan, membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot.

Selain mengkonsumsi beberapa contoh makanan diatas hal penting lain yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yaitu :

  1. Bagi ibu yang terlalu gemuk, kurangi porsi makanan sumber energi dari lemak dan karbohidrat.
  2. Bila ibu terlalu kurus tambahkan porsi makanan sumber energi dan protein seperti beras, kentang, ikan, ayam ataupun telur.
  3. Usahakan konsumsi makanan dengan porsi kecil tapi sering.
  4. Untuk menghindari penimbunan cairan/edema perhatikan penggunaan garam dalam makanan dan minuman agar tidak berlebihan.

Yuk, penuhi kebutuhan nutrisi selama hamil, untuk kesehatan ibu dan calon bayi hingga persalinan nanti! (RH/CM)

Daftar Pustaka

  1. Subdit Bina Gizi Klinik. 2011. Makanan Sehat Ibu Hamil. Kementrian Kesehatan RI.
  2. Comelia, dkk. 2010. Pedoman Gizi Ibu Hamil dan Pengembangan Makanan Tambahan Ibu Hamil Berbasis Pangan Lokal. Kementrian Kesehatan RI.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store