Apa Saja Sebenarnya Komposisi Minuman Bersoda???

261

Anda tentunya sudah sering mendengar bahwa minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan Anda, akan tetapi tahukah Anda apa saja sebenarnya isi minuman bersoda kesukaan Anda tersebut?

Di bawah ini Anda dapat melihat apa saja sebenarnya komposisi minuman bersoda dan dampaknya bagi kesehatan.

 

Asam Fosfat

Asam fosfat dapat mengganggu kemampuan untuk menggunakan kalsium, yang akan menyebabkan terjadinya osteoporosis atau pelunakkan gigi dan tulang.

 

Gula

Sebagian besar minuman bersoda mengandung gula yang sangat banyak, bahkan melebihi dosis harian gula yang dianjurkan. Banyaknya gula di dalam darah akan meningkatkan kadar hormon insulin, yang akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gangguan jantung, diabetes, peningkatan berat badan, penuaan dini, dan berbagai dampak negatif lainnya.

 

Aspartame

Zat kimia yang satu ini sering digunakan sebagai pengganti gula pada soda diet. Beberapa gangguan kesehatan yang telah diketahui berhubungan dengan aspartame adalah tumor otak, kelainan bawaan, diabetes, gangguan emosioanl, dan epilepsi.

 

Kafein

Berbagai jenis minuman berkafein dapat menyebabkan gemetar, insomnia, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, peningkatan kadar kolesterol darah, kekurangan vitamin dan mineral, benjolan pada payudara, kelainan bawaan, dan mungkin beberapa jenis kanker.

 

Air Keran

Air keran dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan, terutama di Negara berkembang seperti Indonesia karena mengandung banyak kuman, klorin, trihalometan, timah, kadmium, dan berbagai polutan lainnya. Air keran merupakan salah satu bahan utama pembuatan minuman bersoda.

Berbagai dampak buruk lain dari minuman bersoda bagi kesehatan adalah:

  • Mengkonsumsi sekaleng soda setiap hari akan meningkatkan resiko terjadinya diabetes hingga 85%
  • Orang yang suka minum soda memiliki resiko kanker yang lebih tinggi
  • Natrium benzoate, bahan pengawet yang terdapat di dalam berbagai jenis minuman bersoda telah diketahui dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang dapat menyebabkan terjadinya sirosis hati dan  penyakit Parkinson

Jika Anda masih mengkonsumsi minuman bersoda, maka menghentikan kebiasaan Anda tersebut merupakan cara mudah untuk meningkatkan keadaan kesehatan Anda. Air putih tetap merupakan pilihan yang terbaik.

 

Sumber: mercola