Apa Sih Keuntungan Makan Dengan Menggunakan Tangan?

134

Sekarang ini, Anda tentunya telah jarang sekali makan dengan menggunakan tangan. Adanya sendok, garpu, pisau, atau sumpit membuat Anda semakin enggan makan dengan menggunakan tangan. Selain itu, banyak orang beranggapan bahwa makan dengan menggunakan berbagai alat makan tersebut lebih bersih dan lebih nyaman. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makan dengan menggunakan tangan ternyata memiliki keuntungannya tersendiri?

Makan dengan menggunakan tangan sebenarnya telah mulai dilakukan sejak zaman dahulu kala, yaitu sejak zaman Sansekerta. Mereka percaya bahwa jari-jari tangan mewakili 5 unsur, yang dipercaya dapat membantu menghilangkan semua unsur negatif di dalam makanan dan membuatnya siap dimakan. Kelima unsur tersebut adalah:

  • Ibu jari melambangkan api
  • Jari telunjuk melambangkan udara
  • Jari tengah melambangkan surga
  • Jari manis melambangkan bumi
  • Jari kelingking melambangkan air

Selain kepercayaan kuno di atas, makan dengan menggunakan tangan juga memiliki keuntungan lainnya seperti di bawah ini.

Membantu Kerja Saluran Pencernaan

Berbeda dengan saat Anda makan dengan menggunakan sendok atau garpu, makan dengan menggunakan tangan membuat jari-jari tangan Anda berkontak secara langsung dengan makanan tersebut sebelum dimasukkan ke dalam mulut Anda.

Hal ini membuat ujung-ujung saraf pada jari tangan Anda dapat merasakan temperatur dan tekstur makanan yang akan Anda makan sehingga membuat otak Anda menjadi lebih siap dan dapat memicu pelepasan berbagai enzim pencernaan yang dapat mencerna makanan tersebut dengan baik.

Selain itu, Anda juga tidak akan pernah mengalami luka bakar pada lidah atau langit-langit mulut Anda bila Anda makan dengan menggunakan tangan karena tangan Anda pasti mengetahui bahwa makanan tersebut terlalu panas untuk dimakan.

Sumber Bakteri Baik

Tubuh manusia diduga memiliki suatu jenis bakteri tertentu yang dapat membantu melindungi Anda dari berbagai bakter berbahaya di lingkungan. Bakteri baik ini biasanya dapat ditemukan pada tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan berbagai organ pencernaan lainnya.

Saat Anda makan dengan menggunakan tangan, maka jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan jumlah bakteri berbahaya di dalam tubuh akan tetap seimbang. Akan tetapi, pastikan Anda telah mencuci tangan Anda dengan menggunakan air bersih dan sabun sebelum dan setelah makan, sehingga tangan Anda pun tetap bersih.

Lebih Menikmati Makanan yang Dimakan

Saat Anda makan dengan menggunakan tangan Anda, maka Anda pun akan lebih menikmati dan memperhatikan makanan yang Anda makan serta berapa banyak jumlah makanan yang telah Anda makan. Dengan demikian, Anda dapat terhindari dari makan terlalu banyak sehingga berat badan pun lebih terjaga.