Apa Sih Manfaat Mandi Itu?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

7

Mandi sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa terpisahkan dari aktivitas sehari-hari setiap orang. Di Indonesia, mayoritas masyarakatnya membiasakan diri mandi sebanyak 2x sehari. Berbeda dengan mayoritas masyarakat di negara 4 musim yang membiasakan diri mandi sebanyak 1x sehari.

Setiap orang percaya bahwa mandi merupakan aktivitas penting untuk menjaga kesehatan, karena dengan mandi, kotoran dari tubuh setalah seharian beraktivitas di rumah dapat dibersihkan. Selain itu, mandi juga seringkali digunakan untuk memunculkan rasa segar dan semangat beraktivitas pagi hari. Namun, sebenarnya apa sih manfaat mandi itu jika dilihat dari sudut pandang medis? Simak artikel berikut!

Mandi air hangat dapat memperbaiki sirkulasi darah dan kinerja jantung.

Tahukah Anda, bahwa mandi dengan menggunakan air hangat dapat memperbaiki sirkulasi darah dan kinerja jantung Anda? Mandi dengan air hangat akan mengalirkan suhu hangat pada seluruh tubuh sehingga pembuluh darah yang berada dipermukaan kulit akan mengalami pelebaran. Pelebaran pembuluh darah ini dapat membantu memperlancar aliran darah keseluruh permukaan tubuh.

Selain itu, suhu dari air hangat yang lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh kita dapat meransang detak jantung meningkat. Hal ini baik untuk memberikan latihan atau olahraga ringan untuk jantung Anda.

Mandi berendam dapat memperbaiki fungsi pernapasan.

Saat tubuh kita berendam dengan kepala tetap berada di atas air, suhu dan tekanan air tempat kita berendam akan meransang tubuh untuk bernapas dengan ritme yang lebih lambat namun lebih dalam. Pola napas yang lambat dan dalam ini dapat melatih paru-paru untuk meningkatkan volume dan kapasitasnya. Konsep ini juga berlaku saat kita berenang. Dengan aktivitas berendam atau berenang rutin, fungsi paru-paru akan menjadi lebih baik.

Mandi sebagai aktivitas relaksasi otot, sendi, dan tulang.

Untuk Anda yang merasa lelah setelah beraktivitas seharian, mandi dapat menjadi sarana relaksasi yang mudah dan murah. Mandi di bawah pancaran shower dapat memberikan pijatan pada otot-otot Anda yang mengalami ketegangan. Sedangkan berendam dapat mengistirahatkan otot, sendi, dan tulang Anda, sehingga perlahan kembali relaks.

Menggunakan air hangat saat mandi juga dapat meningkatkan efek relaksasi untuk otot, sendi, dan tulang Anda. Hal ini terjadi karena suhu yang lebih tinggi pada air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar dapat menghantarkan zat-zat kimia tubuh yang baik yang membantu otot melakukan relaksasi dan mengurangi rasa nyeri pada sendi dan tulang. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar karena mandi dengan air hangat dapat mempercepat proses perbaikan tubuh karena nutrisi dan sel-sel yang berperan dalam memperbaiki tubuh dapat dihantarkan dengan baik keseluruh bagian tubuh.

Mandi untuk menenangkan diri dan memperbaiki suasana hati.

Selain dipercaya dapat menciptakan kesegaran, mandi juga dapat bermanfaat untuk menenangkan diri dan memperbaiki suasana hati. Hal ini terjadi akibat tubuh yang relaks setelah mandi akan simultan memicu produksi hormon yang mangatur perasaan senang di dalam otak. Selain itu, wangi dari sabun, sampo, atau produk lain yang Anda gunakan selama mandi dapat memberikan efek aromaterapi yang juga memicu perasaan tenang dan bahagia.

Demikian ulasan manfaat mandi dilihat dari sisi medis. Selain bermanfaat untuk membersihkan badan dari kuman, mandi juga memiliki berbagai macam manfaat bukan? Sudahkah Anda mandi hari ini? (STE)

Referensi:

Diane Koopman.2018.10 Scientifically Proven Health Benefits of Taking a Bath. lifehack.org (available on: http://www.lifehack.org/http://www.lifehack.org/81960/10-scientifically-proven-health-benefits-of-taking-bath/)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store