APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA MERASA SAKIT DI MASA PANDEMI?

4

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARSCoV-2). SARS-CoV-2 merupakan coronavirus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Peningkatan jumlah kasus berlangsung cukup cepat, dan menyebar ke berbagai negara dalam waktu singkat. Sejak  tanggal 11 Maret 2020, WHO sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi.

Apa yang harus dilakukan jika Anda merasa sakit di masa pandemi ini dan gejala yang dirasakan mirip dengan gejala COVID-19?

  • Ketahui gejala lengkap COVID-19. Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Gejala lain yang kurang umum dan dapat mempengaruhi beberapa pasien termasuk hilangnya rasa atau bau, rasa sakit dan nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, mata merah, diare, atau ruam kulit.
  • Tinggal di rumah dan lakukan isolasi sendiri meski mengalami gejala ringan seperti batuk, sakit kepala, demam ringan, hingga sembuh. Istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan cairan. Hubungi penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan arahan mengenai apa yang perlu dilakukan. Mintalah orang lain untuk membawakan persediaan yang Anda butuhkan. Jika Anda sangat perlu untuk meninggalkan rumah atau ada orang lain di dekat Anda, maka ingat untuk selalu gunakan masker medis untuk mencegah penularan kepada orang lain. Hindari penggunaan transportasi umum.
  • Sebisa mungkin, tinggallah di kamar sendiri dan jauh dari orang lain dan hewan peliharaan di rumah Anda. Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan kamar mandi terpisah. Jika Anda perlu berada di sekitar orang atau hewan lain di dalam atau di luar rumah, kenakan selalu masker.
  • Hindari berbagi pakai peralatan makan, gelas, handuk. Segera cuci dengan sabun dan air mengalir setelah Anda menggunakannya.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 menit sesering mungkin, terlebih setelah Anda menyentuh hidung, batuk, atau bersin, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan Anda. Jika terpaksa cuci tangan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60%. Air dan sabun tetap merupakan pilihan terbaik terlebih jika tangan Anda terlihat kotor. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan terlebih jika belum dicuci.
  • Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segera dapatkan bantuan medis. Hubungi dulu melalui telepon jika memungkinkan dan ikuti arahan dari otoritas kesehatan setempat. Perhatikan perkembangan gejala yang dialami.
  • Dapatkan informasi terbaru dari sumber tepercaya, seperti WHO atau otoritas kesehatan lokal dan nasional Anda. (PK)

Referensi:

  • CDC US. COVID-19. If You Are Sick. 2020
  • WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public. 2020
  • KMK RI. PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). 2020