Apa yang harus dilakukan saat melihat orang tersedak?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

368

Tersedak (chocking) adalah tersumbatnya saluran pernafasan bagian atas oleh benda padat. Yang paling sering kita jumpai adalah karena makanan contohnya bakso, ayam goring, dan sebagainya. Tersedak juga bisa disebabkan karena benda asing seperti gigi palsu yang sering terjadi pada orang tua, mainan yang sering terjadi pada anak, serta jarum pentul pada remaja. Memang apa sih bahaya dari tersedak? Saluran pernapasan yang tersumbat akan menghambat aliran udara yang seharusnya bebas keluar masuk. Saat tidak ada udara yang masuk, tubuh tidak memiliki cukup oksigen untuk diedarkan, sehingga dapat berujung pada kematian mendadak.

Agar lebih mudah, coba lihat gambar di bawah ini:


Selain itu, pada anak-anak, tanpa berbicara pun, koordinasi otot mengunyahnya belum baik, sehingga mudah menyebabkan anak tersedak. Sementara pada orang yang telah lanjut usia, koordinasi ototnya telah menurun dan menyebabkan mudah tersedak. Hal tersebut didukung oleh data dari National Safety Council menyebutkan justru kematian karena tersedak sering pada anak-anak <1 tahun dan orang tua >75 tahun.Lihat garis merah? Itu adalah salurah pernafasan pada manusia. Sementara garis biru adalah saluran pencernaan. Letaknya berhimpitan, dan dipisahkan oleh bagian tubuh yang namanya epiglotis. Apabila makanan masuk ke dalam kerongkongan maka epiglotis otomatis akan menutup. Epiglotis akan terbuka apabila ada udara yang mengalir keluar menuju tenggorokan terutama pada saat berbicara. Nah, ini dia alasan mengapa orang tua sering mengingatkan kita agar tidak makan sambil berbicara! Karena saat seseorang makan sambil berbicara, epiglotis akan terbuka sehingga makanan yang seharusnya masuk ke kerongkongan akhirnya masuk ke tenggorokan dan mengakibatkan tersedak.

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Seseorang yang tersedak dapat dibantu untuk mengeluarkan penyebab ia tersedak agar saluran napasnya tidak tersumbat terlalu lama. Dengan membantu mengeluarkan penyebab, penderita yang tersedak tidak akan kekurangan oksigen, dan dapat tertolong dari kematian. Wah, kalau begitu kita harus belajar nih pertolongan pertama yang bisa kita lakukan kalau ada seseorang yang tersedak. Yuk!

Pertama, kita harus tahu tanda-tanda orang yang tersedak! Biasanya, orang yang tersedak akan merasa dada atau lehernya dicengkeram. Penderita juga tidak dapat berbicara, kesulitan bernapas, atau batuk mendadak.

Palang merah merekomendasikan pendekatan “LIMA-DAN-LIMA” untuk memberikan pertolongan pertama:

  1. Berikan 5 back blows
  2. Berikan 5 abdominal thrust/manuver heimlich (Pada ibu hamil dan orang obesitas, kita lakukan penekanan di dadanya saja ya!)
  3. Bergantian antara no 1 dan 2 sampai penyumbatan dilepaskan.

Cara memberikan back blow: gunakan telapak tangan bagian bawah untuk menepuk diantara bahu

Cara memberikan abdominal thrust/heimlich manuver


Jika kamu sendirian, lakukan langkah di atas sebelum menelepon rumah sakit terdekat. Jika orang lain tersedia, minta tolong orang itu menelepon rumah sakit terdekat sementara kamu melakukan pertolongan pertama. Selalu lakukan pengecekan mulut setiap habis melakukan back blow ataupun abdominal/chest thrust untuk mengetahui posisi benda asing. (MEG/STE/CM)

Sumber:

  1. , National Safety. Injury facts. National Safety Council. Research and Statistics Department. (2015 ed.). Itasca, IL. ISBN 9780879123345. OCLC 910514461
  2. emergencycareforyou.org

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store