Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Kantong Mata?

141

Adanya kantong mata atau mata bengkak dapat membuat Anda terlihat seperti seseorang yang tidak tidur semalaman walaupun sebenarnya Anda telah tidur selama 8 jam semalam. Keadaan ini merupakan hal yang paling tidak diinginkan untuk terjadi saat Anda sedang menunggu kencan penting atau acara penting lainnya.

Jika Anda tidak ingin orang lain melihat Anda sebagai seseorang yang selalu terlihat lelah, maka mengatasi kantong mata Anda merupakan salah satu caranya. Di bawah ini terdapat beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kantong mata tanpa perlu melakukan tindakan pembedahan atau melakukan perawatan kecantikan yang mahal.

 

1.      Gunakan Air Dingin

Tutup mata Anda dan percikkan air dingin ke daerah mata Anda untuk mengurangi mata bengkak dengan cepat. Jika Anda memiliki cukup waktu, basahkan kain atau handuk bersih dan kompres mata Anda selama sekitar 10 menit.

 

2.      Kompres Dingin

Kompreslah mata Anda dengan es atau gel dingin selama sekitar 10 menit. Jika Anda tidak memiliki keduanya, Anda dapat menggunakan sendok. Letakkanlah sendok di dalam freezer selama beberapa menit hingga sendok menjadi dingin, kemudian tempelkan bagian bawah sendok pada mata Anda.

 

3.      Tempelkan Irisan Timun

Tempelkanlah sepotong timun atau kentang dingin pada setiap mata Anda dan diamkan selama 10 menit. Kedua jenis sayuran ini mengandung vitamin dan nutrisi yang dapat membantu mengatasi kulit lelah.

 

4.      Gunakan Teh Celup

Rendamlah 2 kantong the ke dalam air dingin kemudian tempelkan ke mata Anda selama 5-10 menit. Teh dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata.

 

5.      Gunakan Air Mawar

Celupkan sebuah bola kapas ke dalam air mawar dan tepuk-tepuklah kulit mata Anda yang bengkak dengan kapas tersebut. Mawar memiliki zat anti radang yang dapat membantu mengurangi mata bengkak.

 

6.      Tidur yang Cukup

Untuk mengurangi lingkaran hitam, mata bengkak, dan kantong mata ada baiknya bila Anda tidur cukup setiap malamnya. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk tidur setiap malamnya. Jika Anda kurang tidur, maka mata Anda mungkin akan tampak bengkak dan lelah di pagi hari.

 

7.      Kurangi Konsumsi Garam

Mengkonsumsi terlalu banyak garam atau natrium dapat membuat Anda mengalami dehidrasi, yang akan membuat mata bengkak Anda semakin parah. Gunakanlah berbagai jenis rempah-rempah dan tanaman herbal untuk menambahkan rasa pada makanan Anda sebagai pengganti garam.

 

8.      Konsumsi Cukup Air Putih

Konsumsilah 8-10 gelas air putih setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Gantilah konsumsi minuman manis Anda dengan air putih.

 

9.      Gunakan Krim Mata

Gunakanlah krim mata setiap hari. Pilihlah krim yang mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin ini dapat mencegah penumpukkan cairan di bagian bawah mata dan dapat mengecilkan pembuluh darah. Selain itu, krim mata yang mengandung berbagai jenis antioksidan dan kafein juga dapat menjadi pilihan.

 

Jika berbagai tips di atas tidak dapat membantu mengurangi mata bengkak atau kantong mata Anda, maka faktor genetika atau reaksi alergi mungkin merupakan penyebabnya. Anda mungkin harus menggunakan berbagai produk kosmetika untuk mengatasi mata bengkak atau melakukan tindakan pembedahan.