Apa yang Terjadi Pada Tubuh Anda Saat Anda Menekan Tombol Snooze?

116

Hampir setiap orang pasti pernah menekan tombol snooze untuk tidur 5-10 menit lebih lama karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Akan tetapi, tahukah Anda apa dampaknya pada tubuh Anda?

Pertama, menekan tombol snooze akan mengacaukan fase REM tidur Anda, yang merupakan fase terpenting dalam tidur Anda, yang dapat membantu Anda tetap berkonsentrasi dalam pekerjaan Anda.

Menekan tombol snooze akan membuat Anda kembali masuk ke dalam fase REM tidur, yang membuat otak Anda tetap berada pada fase ini cukup lama. Akibatnya adalah Anda akan merasa mengantuk sepanjang hari dan membuat produktivitas Anda dalam bekerja pun menurun.

Kedua, siklus tidur Anda pun akan terganggu. Menekan tombol snooze akan membuat tubuh Anda “kebingungan” mengenai kapan waktunya bangun tidur dan kapan waktunya tidur. Hal ini akan membuat Anda terus mengantuk dan terus bergantung pada tombol snooze, yang akan terus membuat Anda merasa mengantuk di sepanjang hari.

Oleh karena itu, mulailah menghentikan kebiasaan buruk Anda yang satu ini. Anda dapat menggunakan jam tanpa tombol snooze atau menyetel alarm Anda pada pukul yang sama dengan snooze terakhir Anda sehingga jika Anda tidak bangun saat itu juga maka Anda pun akan terlambat.

Selain itu, usahakanlah untuk tidur lebih awal malam sebelumnya sehingga tubuh Anda tidak terasa terlalu lelah dan mengantuk saat harus bangun di pagi hari.

Sumber: womenshealthmag