Apakah Aman Berhubungan Seks Saat Hamil?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

296

Hampir setiap wanita hamil pasti pernah bertanya pada dokternya mengenai apakah aman berhubungan seks saat hamil. Pada sebagian besar wanita hamil tanpa komplikasi, Anda tetap boleh berhubungan seks berapapun usia kehamilan Anda.

Berhubungan seks tidak akan membahayakan bayi di dalam kandungan Anda kecuali bila hubungan seks Anda dengan suami terlalu “kasar”. Kantong amnion dan otot rahim yang kuat akan melindungi bayi Anda. Selain itu, cairan kental yang diproduksi oleh serviks (leher rahim) akan membantu mencegah terjadinya infeksi.

Satu hal yang perlu diingat bahwa orgasme memang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi ringan pada rahim, seperti halnya stimulasi pada puting susu dan prostaglandin pada cairan mani; akan tetapi kontraksi rahim ini biasanya hanya berlangsung sementara dan tidak berbahaya.

Akan tetapi, terdapat beberapa keadaan yang mungkin membuat Anda dan pasangan tidak dapat berhubungan intim selama kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan Anda mengenai hal ini.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOSĀ App Store