Apakah Anda Mengkonsumsi Terlalu Banyak Air Putih?

298

Air putih mungkin memiliki efek yang berbeda tergantung pada apa yang sedang Anda lakukan dan seberapa haus Anda.

Pada sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa orang yang merasa haus memiliki respon yang lebih cepat setelah mengkonsumsi 500 ml air putih atau 2 gelas air putih dibandingkan dengan orang yang tidak meminum apapun.

Akan tetapi, orang yang tidak merasa haus memiliki kecepatan respon yang sama dengan atau tanpa minum air putih. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa baik orang yang merasa haus maupun tidak, mereka lebih lambat beradaptasi dalam suatu masalah baru saat mereka mengkonsumsi air daripada tidak mengkonsumsi air.

Vasopresin merupakan hormon yang mengaktivasi rasa haus seseorang. Hormon ini juga berhubungan dengan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh karena itu, rasa haus mungkin dapat membuat perhatian Anda teralihkan saat mengerjakan suatu tugas seperti belajar atau melakukan sesuatu yang membutuhkan respon cepat.

Akan tetapi, efek berlawanan justru terjadi saat Anda sedang melakukan kegiatan yang merangsang proses berpikir, di mana rasa haus justru dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

Air putih tetap merupakan minuman paling sehat bagi tubuh Anda, akan tetapi segala sesuatu yang terlalu banyak dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sumber: prevention