APAKAH BB CUSHION BOLEH DIPAKAI TIAP HARI?

22

Krim BB berasal dari Jerman dan semakin populer beberapa tahun terakhir ini di Asia, terutama Korea Selatan, setelah itu menyusul di Eropa, dan Amerika Utara. Sementara itu, pelembap berwarna yang dipasarkan sebagai krim CC pertama kali muncul pada tahun 2010 oleh produsen kosmetik yang berbasis di Singapura. Krim BB memiliki tekstur lebih ringan dari alas bedak, namun lebih pekat dibandingkan pelembap berwarna. Terkadang, krim BB mengandung SPF, namun bahan utamanya adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan akibat polusi. Anda juga akan menemukan jenis dari krim BB yang terbatas. Biasanya, sebuah perusahaan kosmetika hanya menawarkan 2 hingga 4 gradasi warna dari krim BB saja, sementara untuk alas bedak terdapat sekitar 6 sampai 40 gradasi warna.

Para pecinta kosmetik Korea, pasti tak asing dengan BB cushion, sejenis bedak compact namun bertekstur creamy yang diklaim dapat menutup noda dan bekas jerawat dengan sempurna. Saking populernya BB cushion ini, tak sedikit brand kosmetik lokal yang ikut memproduksi BB cushion. BB cushion, atau biasa disebut cushion saja, memang sangat praktis digunakan. Dengan beberapa kali tepukan puff yang disertakan di dalamnya, kulit wajah menjadi cerah dan flawless seketika.

Tapi, sadarkah kamu di balik kepraktisan ini ternyata penggunaan cushion dalam jangka panjang  membebani kulit jika diaplikasikan sehari-hari. Kalau dipakai sehari-hari, itu cenderung full coverage, BB Cushion jadi terlalu berat buat kita orang Indonesia yang iklimnya tropis. Ketika paparan matahari terlalu tinggi, kulit berkeringat namun terhalang oleh coverage dari BB.

Bisakah satu produk kecantikan benar-benar melakukan semuanya?

Mungkin. Banyak krim BB menawarkan perlindungan sinar matahari yang efektif, dengan SPF 30 spektrum luas atau lebih tinggi, rekomendasi American Academy of Dermatology untuk penggunaan sehari-hari. Terlebih lagi, krim BB umumnya mengandung seng oksida atau titanium oksida, tabir surya fisik yang memiliki beberapa sifat tahan air, kata Wu.
Ketika datang ke perawatan kulit, Anda dapat menemukan krim BB yang mengandung:
Komponen anti-penuaan, termasuk peptida dan antioksidan seperti vitamin A, E, dan C
Pelembab tubuh seperti asam hialuronat dan gliserin
Bahan-bahan seperti licorice dan arbutin yang membantu meratakan warna kulit
Mika yang memantulkan cahaya memberi kulit hasil akhir yang bercahaya
Bahan-bahan berbasis silikon, seperti dimethicone, yang membantu menghaluskan kulit, bertindak seperti halnya foundation

Lalu bagaimana dengan penggunaan BB Cushion setiap hari?

Tidak disarankan. Adanya kosmetik seperti bb cushion yang full coverage, menyebabkan tertutupnya pori-pori dan mengurangi regenerasi kulitnsehingga terlihat lebih kusam. (KEZ)

Sumber : www.webmd.comhttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5383743/