Apakah Benar Air Lemon Dapat Menurunkan Berat Badan?

157

Anda tentunya pernah mendengar mengenai manfaat campuran air hangat dan sari buah lemon untuk menurunkan berat badan, akan tetapi benarkah campuran keduanya mampu membantu menurunkan berat badan?

Seorang ahli gizi di Amerika mengatakan bahwa sebenarnya campuran air hangat dan lemon tidak memiliki hubungan langsung dengan penurunan berat badan. Akan tetapi, bila Anda mengganti konsumsi kopi dan jus buah Anda dengan campuran air dan lemon, maka tentunya hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan jumlah kalori yang dikonsumsi dan menyebabkan terjadinya penurunan berat badan.

Selain itu, mengkonsumsi air putih, baik panas ataupun dingin, dicampur dengan lemon atau tidak; juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Mencukupi kebutuhan cairan harian Anda merupakan hal yang penting saat Anda sedang menjalani diet sehat karena menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Bagi orang yang tidak menyukai rasa tawar dari air putih, maka menambahkan sari buah lemon atau buah lemon ke dalam air putih dapat membantu membuat air tidak lagi terasa tawar tanpa perlu menambahkan kalori.

Pada jangka pendek, mengkonsumsi air campuran lemon juga dapat membantu mengurangi perut kembung, karena berfungsi sebagai diuretik alami (walaupun ringan). Beberapa hal yang dapat membuat perut terasa kembung adalah makan terlalu cepat, minum melalui sedotan, mengkonsumsi minuman bersoda, mengkonsumsi terlalu banyak garam, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau alkohol.

Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengkonsumsi air campuran lemon ini bila Anda sedang menderita gangguan lambung atau menderita refluks asam lambung. Hal ini dikarenakan citrus di dalam lemon dapat memicu terjadinya gejala sakit maag.

 

Sumber: womenshealthmag