Apakah Bisa Terkena Cacar Air Dua Kali?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

311

Cacar air atau varicella adalah penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Varicella disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini dapat menyebabkan dua jenis penyakit yaitu Varicella atau cacar air (chickenpox) dan herpes zoster (shingles). Varicella terutama mengenai anak-anak yang berusia dibawah 20 tahun terutama usia 3-6 tahun dan hanya 2% terjadi pada orang dewasa. Sedangkan herpes zoster terjadi umumnya pada orang dewasa, 66% pada usia lebih dari 50 tahun. Sehingga saat pada dewasa orang yang terkena cacar air akan bertanya-tanya apakah bisa terkena cacar air lagi? Atau kah herpes zoster?

Jika seseorang sudah pernah terkena cacar air sebelumnya memang sangat jarang untuk cacar air kedua kalinya. Hal ini dapat terjadi jika daya tahan tubuh rendah, infeksi pertama kalinya ringan, atau belum terbentuknya sistem pertahanan tubuh yang spesifik untuk cacar air saat terkena cacar air pertama kalinya, atau cacar air kedua adalah cacar air akibat serotype virus yang berbeda.

Mengapa bisa terkena cacar kedua kalinya? Hal ini berkaitan dengan adanya virus varicella yang sebenarnya tidak hilang sempurna dari tubuh saat sembuh tapi tidur di dalam serabut syaraf sehingga saat sistem pertahanan tubuh tidak kuat, virusnya dapat muncul kembali. Jika orang pertama terkena virus varicella akan menimbulkan gejala seperti cacar air, namun jika terkena kedua kalinya maka virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki sistem pertahanan tubuh spesifik dari virus tersebut. Sehingga jika virus ini aktif kembali akan muncul dengan gejala yang berbeda yang disebut dengan herpes zoster. Herpes zoster dan varicella memiliki gejala yang berbeda

Cacar air adalah penyakit menular yang penularannya melalui udara, misalnya ketika sedang batuk, bersin atau bernapas, bisa juga melalui sentuhan langsung dengan bentol orang cacar air. Cacar air juga biasanya muncul dengan bintik-bintik yang tersebar di seluruh tubuh secara merata. Disertai gatal namun tidak nyeri karna tidak mengenai syaraf. Cacar air biasanya diawali dengan gejala demam dan flu like syndrome.

Herpes zoster disebabkan oleh aktivasi virus di ganglion saraf, hal ini muncul ketika sistem pertahanan tubuh seseorang sedang tidak baik contohnya penyakit HIV, AIDS, Diabetes Melitus, dan sebagainya. Herpes zoster biasanya hanya muncul pada 1 regio (area terbatas), contohnya hanya wajah bagian kiri atau punggung kanan dan disertai rasa nyeri yang amat sangat.

Jadi apakah bisa terkena cacar air dua kali? Jawabannya bisa. Bisa jadi merupakan suatu cacar air berulang yang meskipun jarang atau infeksi herpes zoster. Tetap jaga kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar terhindar dari paparan infeksi berulang.  (KEZ/CM)

Sumber:

  1. Harper J. Varicella (chickenpox) in : Textbook of Pediatric Dermatology, volume 1, Blackwell Science, 2000 : 336-339

Hurwitz S. Herpes Zoster In : Clinical Pediatric Dermatology A textbook of Skin Disease of Childhood and Adolescence, 2nd edition, Philadelphia : W


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store