Apakah Cedera Otot Hamstring Itu?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

241

Cedera otot hamstring, istilah ini mungkin familiar didengar bagi Anda yang penyuka olahraga sepakbola. Cedera ini sering dialami oleh banyak atlit yang sering lari dan berhenti tiba-tiba seperti atlit lari, sepak bola, tenis, basket, dan tidak sedikit penari yang juga mengalami cedera ini.

Hamstring adalah sekumpulan otot yang terletak di belakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut. Hamstring dapat mengalami cedera jika salah satu dari otot hamstring tersebut tertarik atau ditarik lebih dari batas kemampuannya selama aktivitas fisik tertentu. Untuk lebih paham, mari kita simak penjelasan berikut:

Mengenal cedera hamstring

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cedera hamstring adalah kondisi saat seseorang mengalami tarikan atau robekan pada otot hamstring. Cedera ini umumnya dialami oleh olahragawan, dan bisa dibagi dalam tiga tingkatan, yaitu:

  1. Tingkat 1: tarikan ringan pada otot hamstring.
  2. Tingkat 2: robekan pada sebagian otot hamstring.
  3. Tingkat 3: robekan pada seluruh bagian otot hamstring.

Gejala Cedera Hamstring

Cedera hamstring yang ringan mungkin tidak terlalu sakit. Tetapi cedera hamstring yang parah, bisa menyiksa, dan membuat tidak dapat berjalan atau bahkan berdiri. Gejala yang mungkin akan dirasakan jika mengalami cedera hamstring yaitu:

  1. Nyeri yang tiba-tiba dan parah selama latihan, bersama dengan perasaan patah
  2. Nyeri di belakang paha dan bokong bawah saat berjalan, meluruskan kaki, atau membungkuk
  3. Bengkak dan memar
  4. Kadang juga akan merasakan kejang dan sesak.

Pengobatan Cedera Hamstring

Jika Anda mengalami cedera hamstring parah, maka ada beberapa saran dokter yang dapat mempercepat penyembuhan yaitu:

  1. Istirahatkan kaki untuk menghindari aktivitas berlebihan pada tungkai. Jika rasa sakitnya parah maka segera untuk konsultasi ke dokter lagi.
  2. Menyediakan tongkat untuk menghindari kaki yang cedera menahan beban
  3. Kompres kaki dengan menggunakan perban elastis di sekitar kaki untuk menahan bengkak.
  4. Kompres kaki dengan es batu untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Kompres ini dilakukan 20 – 30 menit, setiap 3 hingga 4 jam selama 2 hingga 3 hari, atau sampai rasa sakit hilang.
  5. Tinggikan kaki di atas bantal saat sedang duduk atau berbaring.
  6. Ambil obat penghilang rasa sakit (antiinflamasi). Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen akan membantu dengan rasa sakit dan pembengkakan.
  7. Lakukan latihan peregangan dan penguatan jika dokter merekomendasikannya. Memperkuat paha belakang adalah salah satu cara untuk melindungi hamstring.

Pencegahan Cedera Hamstring

Lakukan cara-cara berikut untuk menghindari cedera hamstring:

  1. Lakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas dan lakukan peregangan setelahnya.
  2. Lakukan peregangan dan latihan penguatan otot hamstring secara rutin sebagai tindakan pencegahan.
  3. Berlatihlah dengan bijak. Lakukan sesuai kemampuan tubuh.
  4. Peningkatan intensitas latihan dilakukan secara perlahan.
  5. Hentikan latihan jika merasakan sakit di bagian belakang paha. (LM/CM)

Referensi

  1. Cold, F., Health, E., Disease, H., Management, P., Conditions, S., & Problems, S. et al. (2018). Hamstring Strain Overview. Retrieved from https://www.webmd.com/ fitness-exercise/hamstring-strain#2/
  2. William C. Shiel Jr., F. (2018). Hamstring Injury Symptoms, Recovery & Treatment. Retrieved from https://www.medicinenet.com/hamstring_injury/article.htm/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store