Apakah keramas tidak diperbolehkan saat haid?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

115

Pernahkah Anda mendengar tentang larangan mencuci rambut atau keramas saat sedang menstruasi? Apakah itu fakta atau hanya mitos belaka? Berikut merupakan penjelasannya.

Beberapa kabar mengatakan bahwa keramas akan menyebabkan pori-pori terbuka dan mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Faktanya, hal ini tidak terdapat data ilmiah yang mendasarinya. Pori-pori di permukaan tubuh memang selalu dalam keadaan terbuka. Pori-pori merpakan tempat tumbuhnya rambut dan merupakan saluran keluarnya kelenjar keringat serta minyak. Sebum dan minyak diperlukan oleh kulit kepala dan rambut sebagai pelembab. Sebagai penduduk negara tropis seperti Indonesia, produksi ini cenderung meningkat sehingga kulit lebih sering berkeringat dan bila tidak dibersihkan dengan rutin justru akan menimbulkan masalah pada kulit kepala. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Kasar dan kusam

Rambut yang tidak dikeramas selama berhari-hari akan menyebabkan menumpuknya debu dan minyak. Hal ini dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi kasar hingga kusam.

  • Aroma tak sedap

Meskipun sebum dan minyak merupakan produksi normal dari kulit kepala namun apabila tidak pernah dibersihkan selama menstruasi, yang ditambah dengan menempelnya debu, akan menyebabkan timbulnya bau tidak sedap.

  • Rambut rontok

Rambut yang tidak dibersihkan dalam waktu lama juga menjadi rapuh sehingga menyebabkan rambut rontok.

  • Kulit kepala gatal

Penumpukan minyak di rambut menyebabkan timbulnya rasa gatal. Jika terlalu keras menggaruk kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala mudah terluka.

  • Sarang penyakit

Rambut bisa saja terkena kuman dimanapun Anda berada. Jika hal ini tidak dibersihkan, akan menjadi sarang penyakit.

Saat sedang haid, menjaga kesehatan rambut tetap diperlukan. Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Mencuci rambut sesuai kebutuhan. Banyak hal yang mempengaruhi frekuensi mencuci rambut setiap orang. Mulai dari jenis kulit (normal atau kering) dan aktivitas harian.
  • Sebelum memilih shampo, biasakan untuk membaca komposisi dari produk. Gunakan shampo yang tidak mengandung alkohol karena dapat membahayakan kulit kepala dan rambut.
  • Hindari papaan sinar matahari berlebih dengan menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Gunakan kondisioner setelah keramas dan minyak rambut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau vitamin E jika diperlukan untuk melembabkan rambut.
  • Pilih makanan bergizi seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup. Hal ini mempengaruhi kesehaan rambut dan tubuh.

Jadi, tidak ada larangan untuk tidak mencuci rambut saat sedang haid. Larangan itu hanyalah mitos yang tidak didukung oleh sumber ilmiah terbukti. Justru saat haid diperlukan untuk makin menjaga kebersihan salah satunya dengan membersihkan rambut melalui keramas. (ITA)

Sumber:

Anggraini, D. 2016. Bolehkah keramas saat haid? https://klikdokter.com/info-sehat/read/2698718/bolehkah-keramas-saat-haid 17 November 2018

Aryapti, C. 2017. Apakah boleh keramas ketik sedang haid? https://alodokter.com/komunitas/topic/apakah-boleh-keramas-ketika-sedang-haid 17 November 2018


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store