Apakah konsumsi air hangat dapat menurunkan berat badan?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

122

Bukanlah sebuah rahasia bahwa diet dan olahraga merupakan cara yang penting dalam proses menurunkan berat badan. Diet merupakan komponen utama dan lebih penting karena memang lebih mudah untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada menghabiskannya (lewat olahraga). Itulah mengapa banyak alternatif diet diciptakan salah satunya seperti meminum air hangat. Minum air hangat telah lama menjadi topik menarik, salah satu argumennya adalah karena air hangat dapat menghancurkan lemak-lemak tubuh. Apakah itu benar? Mari simak artikel berikut.

Apa yang terjadi saat Anda mengkonsumsi minuman dingin?1

  1. Ketika Anda mengkonsumsi minuman dingin, pembuluh darah Anda menyusut, proses pencernaan dan hidrasi pun terhambat. Mengapa bisa terhambat? Karena tubuh tidak berfokus pada proses mencerna dan menyerap nutrisi, melainkan pada proses mengeluarkan energi untuk mengatur suhu tubuh Anda. Proses pengaturan energi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan air, karena air merupakan salah satu komponen pembentuk energi.
  2. Jika Anda makan sambil minum minuman dingin, suhu air memadatkan lemak dari makanan yang baru saja Anda makan dan tubuh mengalami kesulitan untuk mencerna lemak yang tidak diinginkan dari tubuh kita. Beberapa orang mengatakan bahwa minum air es bermanfaat karena membakar lebih banyak kalori. Nyatanya, peneliti berpendapat bahwa sistem pencernaan harus bekerja lebih keras, dan lebih banyak timbunan lemak di sepanjang saluran.

Mengapa minuman hangat baik untuk tubuh?

Air hangat membantu tubuh untuk membersihkan racun, melelehkan timbunan lemak, dan menghancurkan bakteri berbahaya di dalam tubuh. Hal ini membuat air hangat merupakan komponen penting yang membantu menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh yang ideal.

Bila digabungkan dengan diet dan olahraga, minum air hangat dapat peningkatan metabolisme tubuh Anda. Minum air hangat secara teratur membantu untuk proses rehidrasi, mengurangi kebiasaan mengemil yang tidak sehat, dan membantu proses pencernaan yang lebih baik. Ahli diet dan kebugaran sangat menyarankan minum perasan lemon dan air hangat untuk menurunkan berat badan. Perasan lemon dalam air hangat menambah sifat anti-kuman dan membantu proses pencernaan. Lemon dan air hangat mengatur asam lambung, meningkatkan proses pencernaan, dan bekerja sebagai obat untuk maag dan kembung. Bagi individu yang menderita diabetes, air hangat dan campuran lemon dapat membantu mengatur kadar gula darah dan melawan obesitas.

Bagaimana Air Hangat dapat Membatu Menurunkan Berat Badan?

Air hangat memiliki keunggulan dibandingkan dengan air dingin karena berada di perut Anda lebih lama. Air dingin diserap lebih cepat daripada air hangat, jadi minum secangkir air hangat bisa membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama dibandingkan ketika Anda minum air dingin dalam jumlah yang sama. Namun, saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalimat di atas.

Walaupun demikian, air mineral secara umum merupakan satu komponen penting yang dapat digunakan sebagai penurun berat badan. Salah satu penelitian mengenai fungsi air sebagai alat thermogenesis tubuh menyatakan bahwa minum banyak air disarankan sebagai bagian dari rejimen penurunan berat badan. Mengkonsumsi 1500 ml air atau lebih, berpengaruh baik pada penurunan berat badan, indeks massa tubuh (BMI) dan komposisi tubuh.2

Rekomendasi waktu yang baik untuk konsumsi minuman hangat

Walaupun tidak ada bukti nyata yang mendukung bahwa air hangat dapat membantu menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mengkonsumsi air hangat ini karena air mineral secara umum terbukti baik sebagai alat thermogenesis dan berakibat pada penurunan berat badan. Jadwal yang disarankan untuk konsumsi air hangat adalah :

  1. Satu atau dua gelas air hangat, pagi hari setelah Anda bangun tidur dan sebelum menyikat gigi.
  2. Satu atau dua gelas air hangat, setelah menggosok gigi, sebelum sarapan.
  3. Setidaknya tiga gelas air panas sepanjang pagi hari.
  4. Satu gelas air panas setidaknya 15-30 menit sebelum makan.
  5. Setidaknya dua gelas air panas sepanjang malam (disarankan sampai 4 gelas!)
  6. Satu gelas air panas, sebelum tidur.

Catatan penting:

  1. Gelas air hangat sekiranya 240-300 ml.
  2. Gunakan air yang cukup hangat sehingga Anda tetap dapat mengkonsumsinya, jangan terlalu panas karena dapat menyebabkan luka bakar! (TYA/STE)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Suchita Patel, Jinal Patel, Mona Patel and Prof. Dr. Dhrubo Jyoti Sen. 2015. Say Yes To Warm For Remove Harm: Amazing Wonders Of Two Stages Of Water!. European Journal Of Pharmaceutical And Medical Research, 2015,2(4), 444-460.
  2. Vij, V. A., & Joshi, A. S. (2013). Effect of ‘water induced thermogenesis’ on body weight, body mass index and body composition of overweight subjects. Journal of clinical and diagnostic research : JCDR7(9), 1894-6.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store