Apakah Kopi Dapat Menyebabkan Sembelit?

146

Sembelit merupakan suatu keadaan di mana buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Walaupun kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, akan tetapi kopi sebenarnya bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit.

Tidak mengkonsumsi cukup banyak sayuran atau air putih dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya sembelit adalah suatu penyakit, jarang berolahraga, obat-obatan tertentu, salah menggunakan obat laksatif, gangguan kelenjar tiroid, gangguan sistem pencernaan, dehidrasi, sering menahan keinginan buang air besar, hamil, dan penuaan.

Beberapa gejala terjadinya sembelit adalah tinja keras dan kering serta sulit buang air besar. Selain itu, Anda mungkin dapat merasa buang air besar tidak lampias. Segera hubungi dokter Anda bila Anda mengalami penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas, ada darah pada tinja, atau nyeri perut hebat. Ketiga hal ini dapat merupakan gejala suatu gangguan kesehatan yang berat.

Berdasarkan sebuah penelitian di Eropa, sekitar 14-24% orang yang mengalami sembelit mengatakan bahwa kopi dapat membantu melunakkan tinja mereka. Penelitian lainnya di tahun 2006 menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengkonsumsi lebih banyak kopi lebih jarang mengalami sembelit dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi lebih sedikit kopi.

Jika Anda sedang mengalami sembelit dan ingin mengkonsumsi kopi, maka cegah efek dehidrasi kopi dengan mengkonsumsi kopi tanpa kafein atau minumlah banyak air putih setelah mengkonsumsi kopi. Selain itu, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan air putih serta lebih banyak berolahraga untuk membantu mencegah terjadinya sembelit. Hubungi dokter Anda bila sembelit Anda tidak membaik setelah melakukan beberapa hal di atas.

Sumber: healthyeating.sfgate