Apakah Memakan Adonan Biskuit Mentah Bisa Membuat Anda Sakit?

198

Apakah Anda pernah mencoba mencicipi adonan kue atau biskuit sebelum dipanggang? Bila pernah, maka Anda pasti tahu betapa nikmatnya rasa adonan tersebut. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada bahaya besar saat Anda melakukannya?

Hal ini dikarenakan adonan kue atau biskuit tersebut dapat terkontaminasi oleh bakteri Salmonella dan E.coli yang dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan.

Masuknya berbagai jenis bakteri ini dapat memicu terjadinya berbagai gejala, mulai dari gangguan pencernaan ringan, seperti mual, muntah, nyeri perut, diare, dan atau demam hingga penyakit berat seperti sindrom uremia hemolitik, yang ditandai dengan anemia dan gagal ginjal akut, atau bahkan kematian.

Walaupun jarang, orang yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella dapat mengalami radang sendi, terutama pada daerah lutut, pergelangan kaki, atau kaki. Keadaan ini paling sering terjadi pada orang yang berusia antara 20-40 tahun.

Jadi, dari mana berbagai bakteri ini berasal? Bila Anda membuat sendiri adonannya di rumah, maka berbagai bakteri ini biasanya berasal dari telur mentah, yang dapat mengandung bakteri Salmonella. Mencuci telur mentah tidak akan membuat bakteri hilang, bahkan pada beberapa kasus, hilangnya minyak pelindung pada kulit telur justru dapat membuat bakteri Salmonella yang terdapat pada bagian luar masuk ke dalam telur melalui pori-pori cangkang telur.

Bila Anda tidak membuat sendiri adonan kue atau biskuit Anda dan membeli yang sudah siap saji di supermarket, maka bakteri biasanya bukan berasal dari telur mentah karena adonan biasanya sudah melalui proses pasteurisasi.

Akan tetapi, sebuah penelitian pada tahun 2009 menemukan menemukan bahwa telah terjadi wabah E.coli pada adonan biskuit siap saji. Bakteri ini ternyata berasal dari tepung terigu yang digunakan. Selain itu, kacang dan cokelat yang ada di dalam adonan biskuit juga dapat mengandung bakteri Salmonella.

Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda tidak lagi mengkonsumsi adonan kue atau biskuit mentah untuk mencegah terjadinya infeksi berbagai bakteri di atas atau bahkan keracunan makanan.

 

Sumber: menshealth